Hidup Tanpa Batas Bukan Tanpa Batasan
Kalangan Sendiri

Hidup Tanpa Batas Bukan Tanpa Batasan

Claudia Jessica Official Writer
      2647

2 Korintus 12:10

Karena itu aku senang dan rela di dalam kelemahan, di dalam siksaan, di dalam kesukaran, di dalam penganiayaan dan kesesakan oleh karena Kristus. Sebab jika aku lemah, maka aku kuat.

 

Bacaan Alkitab setahun: Mazmur 22; Matius 22; Kejadian 43-44

Bagaimana jika kita menjalani hidup tanpa batas? Bukan tanpa BATASAN, tapi TANPA BATAS!

Jika kita menjalani kehidupan dalam kurungan dan terbatas, bagaimana hal itu bisa terjadi? Apakah ada rintangan yang tidak dapat diatasi atau beban yang terlalu berat untuk dipikul? Atau apakah kita salah memahami Tuhan?  Pernahkah kita membatasi kehidupan yang Yesus jalani, yaitu mati, dan bangkit kembali untuk menyediakan tempat bagi kita?

Anak saya lahir dengan hati dan perut terbuka. Pada usia 3 tahun, dia terlalu muda untuk memahami mengapa dia memiliki bekas luka dari tenggorokan hingga pusarnya. Bekas luka adalah hal yang biasa baginya. Terlepas dari cacat lahir dan bekas luka, dia sangat suka berlari. Dia tahu batasannya (halaman rumah kami) tetapi dia tidak mengenal batasan (dia berlari sepuasnya). Fakta bahwa dia memiliki bekas luka tidak mempengaruhi hidupnya.

Kita semua memiliki bekas luka. Baik itu bekas luka fisik maupun luka emosional merupakan bagian dari kehidupan. Tapi kita tidak harus dibatasi oleh batas luka, kita juga tidak harus dibatasi oleh rasa takut. Rasa sakit dan ketakutan dapat menghentikan kita jika kita membiarkannya.

Paulus mengatakan ini tentang rasa sakit:

“Karena itu aku senang dan rela di dalam kelemahan, di dalam siksaan, di dalam kesukaran, di dalam penganiayaan dan kesesakan oleh karena Kristus. Sebab jika aku lemah, maka aku kuat.”2 Korintus 12:10 (TB)

Suatu sore, saya mengobrol dengan seorang perwira militer tua. Dia sudah pensiun bertahun-tahun yang lalu, tetapi dia masih bisa berpikiran dengan jernih dan bijaksana. Saya memutuskan untuk bertanya dengannya. “Apakah Tuhan ingin saya melakukan ini atau itu?” Setelah jeda singkat, dia menghela nafas dan berkata, “Mungkin Dia akan memberi jalan bagi Anda untuk melakukan keduanya. Kapan Tuhan pernah membatasimu?”

Berbekal pertanyaannya, saya melakukan pencarian jiwa dan Firman Tuhan. Saya menemukan bahwa Tuhan menetapkan batasan untuk keselamatan dan kesejahteraan kita. Dia menghilangkan batasan terlepas dari bekas luka dan kelemahan kita. Dia memberi kita kemampuan untuk membangun dan berkembang dalam hubungan yang sehat.

Dia memungkinkan kita untuk menaklukkan rasa takut. Dia menggerakkan kita untuk mendorong orang yang terluka. Dia mengungkapkan kebijaksanaan-Nya. Dia mengajar kita untuk menanggapi bisikan-Nya. Dia membekali kita dengan keberanian untuk berdoa bagi orang lain bahkan ketika kita tidak percaya bahwa kita memiliki cukup iman. Tampak tidak berujung, bukan?

Tuhan telah memberi kita kehidupan yang tak terkira. Mengetahui hal itu, bukanlah masuk akal bahwa hidup kita akan diperbesar oleh karunia hidup tanpa batas dari-Nya? Bukankah orang-orang di sekitar kita juga akan berubah?

Yesus pernah mengatakan, “Roh Tuhan ada pada-Ku, oleh sebab Ia telah mengurapi Aku, untuk menyampaikan kabar baik kepada orang-orang miskin; dan Ia telah mengutus Aku untuk memberitakan pembebasan kepada orang-orang tawanan, dan penglihatan bagi orang-orang buta, untuk membebaskan orang-orang yang tertindas, untuk memberitakan tahun rahmat Tuhan telah datang.” - Lukas 4:18-19

Anak saya adalah seorang dewasa muda sekarang, dia selalu mengingatkan saya bahwa kita melayani Tuhan yang tidak terbatas.

“Jadi apabila Anak itu memerdekakan kamu, kamu pun benar-benar merdeka.”Yohanes 8:36

 

Hak Cipta © Gail Casteen, digunakan dengan izin.

Ikuti Kami