Pro-Kontra Alkohol Dalam Kekristenan, Apa Kata Alkitab Tentang Alkohol?

Kata Alkitab / 29 September 2022

Kalangan Sendiri

Pro-Kontra Alkohol Dalam Kekristenan, Apa Kata Alkitab Tentang Alkohol?

Claudia Jessica Official Writer
990

Alkohol adalah topik hangat di kalangan orang Kristen yang telah diperdebatkan dan didiskusikan dalam waktu yang lama. Tuhan memperingatkan kita untuk tidak mabuk dan menjelaskan situasi tertentu dimana seseorang tidak boleh minum, tetapi Alkitab tidak pernah mengatakan bahwa Alkohol adalah sesuatu yang salah.

Karena Alkitab tidak melarang kita minum alkohol secara gamblang, lantas apakah minum atau tidaknya alkohol adalah keputusan pribadi? Di bawah ini adalah beberapa ayat Alkitab yang akan membantu Anda menuju keputusan yang tepat untuk diri Anda sendiri.

 

1 Korintus 10:23-24

"Segala sesuatu diperbolehkan." Benar, tetapi bukan segala sesuatu berguna. "Segala sesuatu diperbolehkan." Benar, tetapi bukan segala sesuatu membangun. Jangan seorang pun yang mencari keuntungannya sendiri, tetapi hendaklah tiap-tiap orang mencari keuntungan orang lain.

 

BACA JUGA: Boleh Gak Sih Orang Kristen Minum Alkohol? Ini Dia Jawabannya…

 

Mazmur 104:14-15

Engkau yang menumbuhkan rumput bagi hewan dan tumbuh-tumbuhan untuk diusahakan manusia, yang mengeluarkan makanan dari dalam tanah dan anggur yang menyukakan hati manusia, yang membuat muka berseri karena minyak, dan makanan yang menyegarkan hati manusia.

Pengkhotbah 9:7

Mari, makanlah rotimu dengan sukaria, dan minumlah anggurmu dengan hati yang senang, karena Allah sudah lama berkenan akan perbuatanmu.

1 Timotius 5:23

Janganlah lagi minum air saja, melainkan tambahkanlah anggur sedikit, berhubung pencernaanmu terganggu dan tubuhmu sering lemah.

1 Petrus 4:3

Sebab telah cukup banyak waktu kamu pergunakan untuk melakukan kehendak orang-orang yang tidak mengenal Allah. Kamu telah hidup dalam rupa-rupa hawa nafsu, keinginan, kemabukan, pesta pora, perjamuan minum dan penyembahan berhala yang terlarang.

Efesus 5:18

Dan janganlah kamu mabuk oleh anggur, karena anggur menimbulkan hawa nafsu, tetapi hendaklah kamu penuh dengan Roh.

Amsal 20:1

Anggur adalah pencemooh, minuman keras adalah peribut, tidaklah bijak orang yang terhuyung-huyung karenanya.

 

BACA JUGA: Terkhusus Buat Suami Pecandu Alkohol, Tuhan Mau Kamu Sembuh. Lakukan 8 Cara Ini…

 

Amsal 23:31

Jangan melihat kepada anggur, kalau merah menarik warnanya, dan mengilau dalam cawan, yang mengalir masuk dengan nikmat.

Roma 13:13

Marilah kita hidup dengan sopan, seperti pada siang hari, jangan dalam pesta pora dan kemabukan, jangan dalam percabulan dan hawa nafsu, jangan dalam perselisihan dan iri hati.

Amsal 31:5

Jangan sampai karena minum ia melupakan apa yang telah ditetapkan, dan membengkokkan hak orang-orang yang tertindas.

Yesaya 62:8-9

TUHAN telah bersumpah demi tangan kanan-Nya, demi tangan kekuatan-Nya: "Sesungguhnya, Aku tidak akan memberi gandummu lagi sebagai makanan kepada musuhmu, dan sesungguhnya, orang-orang asing tidak akan meminum air anggurmu yang telah kauhasilkan dengan bersusah-susah; tetapi orang yang menuainya akan memakannya juga dan akan memuji-muji TUHAN, dan orang yang mengumpulkannya akan meminumnya juga di pelataran-pelataran tempat kudus-Ku."

Galatia 5:19-21

Perbuatan daging telah nyata, yaitu: percabulan, kecemaran, hawa nafsu, penyembahan berhala, sihir, perseteruan, perselisihan, iri hati, amarah, kepentingan diri sendiri, percideraan, roh pemecah, kedengkian, kemabukan, pesta pora dan sebagainya. Terhadap semuanya itu kuperingatkan kamu — seperti yang telah kubuat dahulu — bahwa barangsiapa melakukan hal-hal yang demikian, ia tidak akan mendapat bagian dalam Kerajaan Allah.

Jadi, apakah Anda sudah mendapatkan keputusan mengenai konsumsi alkohol untuk diri Anda?

Sumber : biblestudytools.com
Halaman :
1

Ikuti Kami