Anak Malas Belajar dan Maunya Main? Ubah Perilakunya Dengan 4 Cara Ini…
Sumber: huff post

Relationship / 28 September 2022

Kalangan Sendiri

Anak Malas Belajar dan Maunya Main? Ubah Perilakunya Dengan 4 Cara Ini…

Lori Official Writer
3016

3. Susun jadwal lengkap setiap hari

Banyak orang tua yang melupakan hal penting ini. Ketika anak merasa tidak punya jadwal apa yang harus dia lakukan setiap hari, maka dia akan merasa jika tidak ada prioritas yang harus dipenuhi. Ujungnya, anak pun memilih untuk bermain video games dan main ponsel.

Jadi moms, buatlah jadwal pekerjaan apa yang harus dilakukan anak setiap hari. Berikan tenggat waktu untuk menyelesaikannya. 

 

Baca Juga: Ajarkan Anak Miliki Toleransi Akan Perbedaan Lewat Lagu Ini…

 

4. Libatkan anak mengerjakan pekerjaan rumah.

Punya pembantu rumah tangga akan membuat anak menjadi malas. Karena mereka berpikir jika urusan rumah adalah tugas orang lain. 

Alih-alih membiarkan anak berpikiran demikian, moms perlu membangun kerajinan anak dengan melibatkan dia dalam berbagai pekerjaan rumah. Misalnya, membersihkan kamar sendiri, mencuci sepatu sekolah, membuang sampah, menyusun barang-barang atau bahkan mengajak mereka belanja. 

Kebiasaan ini akan membangun tanggung jawab anak. Sehingga mereka bisa membagi waktu, kapan harus bermain, kapan harus beres-beres dan kapan harus fokus belajar.

Di era teknologi ini, tantangan terbesar orang tua adalah gadget. Anak bisa betah bermain ponsel selama berjam-jam atau bahkan seharian tanpa melakukan hal lain. Karena itu, mulailah mendisiplinkan anak dengan cara-cara di atas. Tentu saja progress yang akan dialami setiap anak akan berbeda, tetapi cara di atas bisa sangat efektif untuk mengubah perilaku malas anak di rumah.

Pastinya moms harus tetap semangat. Mengasuh anak memang gak mudah, tapi pasti bisa kok.

Sumber : Wowparenting.com
Halaman :
12Tampilkan Semua

Ikuti Kami