Anak Malas Belajar dan Maunya Main? Ubah Perilakunya Dengan 4 Cara Ini…

Relationship / 28 September 2022

Kalangan Sendiri

Anak Malas Belajar dan Maunya Main? Ubah Perilakunya Dengan 4 Cara Ini…

Lori Official Writer
905

Berapa banyak dari moms yang kerap naik pitam menghadapi perilaku anak yang pemalas? Sepulang sekolah, alih-alih tidur siang atau belajar, anak memilih hanya ingin main video games atau main handphone. Anak bahkan tampak tak termotivasi untuk mau belajar dan berprestasi di sekolah.

Alih-alih jengkel dan memarahi anak karena perilaku malasnya, moms perlu tahu 4 cara terampuh untuk membangkitkan motivasi belajar anak.

1. Bangkitkan motivasi anak dengan cara-cara kreatif

Moms perlu memahami jika perilaku malas anak bisa dipicu karena dia tidak mendapatkan motivasi atau alasan kenapa mereka harus rajin belajar dan berprestasi di sekolah. Karena itu, moms perlu memberi tantangan ke anak tentang satu alasan terbaik yang bisa memicu mereka untuk rajin belajar.

Cara sederhananya bisa dengan memberikan reward ke anak. Misalnya, kalau kamu berhasil juara di tahun ini kamu berhak dapat sepatu roda yang kamu impikan selama ini. 

Atau moms bisa memberi anak rewards sejumlah uang jika anak rajin mengerjakan PR dan dapat nilai ujian yang bagus.

Dengan imbalan ini, anak akan termotivasi untuk rajin belajar dan mengurangi waktu main video games atau main ponsel seharian di rumah.

 

Baca Juga: Bukan Melarang, Ini Cara Benar Katakan ‘TIDAK’ Pada Anak

 

2. Jadilah orang tua yang rajin dan bersemangat.

Ada kutipan yang berkata, “Anak-anak lebih mudah belajar lewat contoh daripada lewat perkataan.” 

Jika selama ini moms hanya ngoceh ke anak, itu artinya moms hanya buang-buang tenaga. Marah mungkin bisa membuat anak taat dalam sehari. Tetapi di hari berikutnya, mereka akan mengulangi tindakannya.

Daripada berlelah-lelah memarahi dan menasihati anak, kenapa tidak mengajak anak melakukan apa yang Anda lakukan. Tunjukkan ke anak jika Anda adalah orang tua yang tak pernah buang-buang waktu untuk hal yang tidak penting. Sebaliknya, berikan pemahaman bahwa malas dan bermain-main hanya akan membuat bodoh dan miskin.

 

BACA HALAMAN BERIKUTNYA --->

Sumber : Wowparenting.com
Halaman :
12Tampilkan Semua

Ikuti Kami