10 Kampus Kristen Terbaik di Indonesia Menurut Data UniRank 2022
Sumber: Aku Pintar

News / 23 September 2022

Kalangan Sendiri

10 Kampus Kristen Terbaik di Indonesia Menurut Data UniRank 2022

Lori Official Writer
3093

UniRank merupakan sebuah situs yang menyediakan informasi seputar peringkat kampus-kampus di dunia. Lebih dari 14.000 universitas dunia sudah masuk dalam peringkat UniRank dan data ini bahkan sudah diakui secara resmi di 200 negara.

Selain kampus nasional dan swasta yang bersifat umum, UniRank juga menelusuri daftar peringkat kampus keagamaan di berbagai negara, termasuk Indonesia. Nah, kali ini kita akan membahas 10 peringkat kampus swasta Kristen terbaik di Indonesia versi UniRank.

Yuk simak di bawah ini.

1. Universitas Kristen Petra

Universitas Kristen Petra (UKP) didirikan pada 22 September 1961. Saat ini UKP sudah berkembang pesat menjadi salah satu universitas ternama di Indonesia yang memiliki sekitar 10 ribu mahasiswa dari dan dalam negeri.

 

2. Universitas Kristen Satya Wacana

Universitas Kristen Satya Wacana yang berlokasi di kota Salatiga, Jawa Tengah ini menduduki posisi kedua kampus Kristen terbaik.

Kampus yang satu ini awalnya merupakan Perguruan Tinggi Pendidikan Guru Kristen Indonesia dan pertama kali dibangun pada 30 November 1956. 

Pada tahun 1959, kampus ini berganti nama menjadi FKIP Kristen Indonesia Satya Wacana. Hingga kemudian berubah lagi menjadi Universitas Kristen Satya Wacana pada 5 Desember 1959.

Kampus yang satu ini didukung oleh sebanyak 18 sinode gereja di Indonesia.

 

3. Universitas Kristen Duta Wacana

Universitas Kristen Duta Wacana berada di kota Yogyakarta. Kampus ini didirikan pada tahun 1985 dan awalnya merupakan Sekolah Tinggi Theologia Duta Wacana di tahun 1962, sebagai hasil penggabungan antara Akademi Theologia Jogjakarta dan Sekolah Theologia Bale Wiyata, Malang.

Kampus yang satu ini telah diakui kualitasnya sebagai salah satu universitas sswasta terbaik setelah mendapatkan beragam penghargaan.

 

Baca Juga: Kampus SETIA Dipindah Ke Daerah Kalideres

 

4. Universitas Kristen Indonesia

Universitas Kristen Indonesia (UKI) ini berlokasi tepat di Cawang, Jakarta Timur. Kampus yang satu ini awalnya didirikan melalui kegelisahan terkait pendidikan di Indonesia. Sehingga melalui dukungan gereja dan umat Kristen, akhirnya universitas ini berdiri dan menghasilkan kaum sarjana Kristen yang siap melayani masyarakat.

 

5. Universitas Kristen Krida Wacana

Universitas Kristen Krida Wacana (Ukrida) merupakan salah satu universitas Kristen terbaik di Indonesia. 

Awalnya kampus ini bernama Universitas Kristen Djaya yang kemudian diganti menjadi Universitas Kristen Krida Wacana pada 8 Februari 1992. Sebagaimana diketahui, Ukrida menjadi salah satu kampus dengan Fakultas Kedokteran terbaik di Indonesia.

 

BACA HALAMAN BERIKUTNYA --->

6. Universitas Kristen Indonesia Maluku

Universitas Kristen Indonesia Maluku (UKIM) berdiri sejak Juli 1981. Kampus ini merupakan pengembangan dari Sekolah Tinggi Theologia Gereja Protestan Maluku.

Kehadiran kampus yang satu ini tidak terlepas dari peran dari Sinode Gereja Protestan Maluku. Hingga saat ini, UKIM terus berkembang dan menjalani perannya dalam menunjang pendidikan bagi kaum muda, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. 

 

7. Universitas Kristen Immanuel

Universitas Kristen Immanuel (UKRIM) berdiri sejak 21 Juni 1982, yang bernaung di bawah Yayasan Iman Indonesia. 

Kampus ini terus berkembang dan diminati ribuan mahasiswa setiap tahunnya. Untuk tahun akademik 2021/2022 saja jumlah mahasiswa yang mendaftar mencapai 1762 orang. 

 

8. Universitas Kristen Indonesia Paulus

Universitas Kristen Indonesia (UKI) Paulus merupakan salah satu kampus swasta Kristen tertua di kota Makassar. Kampus ini berdiri pada 2 September 1963 oleh Yayasan Pendidikan intelegensia Kristen Indonesia Paulus dan Litha Brent, S.E. 

Kampus ini menyediakan berbagai jurusan untuk Sarjana (S-1). Berkat prestasi para mahasiswa di berbagai bidang ilmu, kampus Kristen yang satu ini memperoleh reputasi yang sudah diakui secara nasional dan internasional.

 

Baca Juga: STT SETIA, Mengetuk Hati Saudara Seiman

 

9. Universitas Kristen Indonesia Toraja

Universitas Kristen Indonesia Toraja (UKI Toraja) adalah salah satu perguruan tinggi swasta terbesar di Toraja. Kampus ini berdiri sejak tahun 1967 dan menjalankan panggilannya untuk mencerdaskan bangsa dalam terang iman Kristen.

Menariknya, kampus ini merupakan prodi kependidikan dalam mencetak tenaga-tenaga guru yang bisa melayani masyarakat. Kampus ini terus berkembang dan kini telah memiliki 3 lokasi di kota Toraja. 

 

10. Universitas Kristen Surakarta

Universitas Kristen Surakarta masuk dalam urutan ke-10 kampus swasta Kristen terbaik Indonesia. Kampus yang berdiri pada 25 Agustus 1983 ini awalnya dibentuk dari munculnya kerinduan untuk memberikan kesempatan pendidikan bagi masyarakat di Surakarta. 

Kampus ini sendiri fokus di bidang ilmu teknik, pertanian dan ekonomi. Namun di tahun 1996, mulai muncul 2 jurusan baru yaitu Pendidikan Agama Kristen dan Konseling Pastoral.

Setiap tahunnya terdapat ratusan mahasiswa yang mendaftar. 

Untuk penetapan 10 daftar ini, UniRank menggunakan pengukuran nilai berdasarkan sistem algoritma lima website yang dianggap netral dan independen yaitu Moz Domain Authority, Alexa Global Rank, SimilarWeb Global Rank, Majestic Reffering Domains dan Majstic Trust Flow. 

Untuk seleksi peringkat sendiri ditetapkan dari peringkat akreditasi kampus, jumlah lulusan sarjana dan pascasarjana kampus dan sistem perkualiahan yang dilakukan (tradisional, tatap muka atau jarak jauh).

Semoga informasi ini membantu gereja-gereja untuk mengetahui bahwa di Indonesia juga terdapat kampus swasta Kristen yang bisa jadi tempat menimba ilmu.

Sumber : Jawaban.com
Halaman :
Tampilkan per Halaman

Ikuti Kami