Fakta Alkitab: Riwayat Hidup Murid Yesus, Matius, Penulis Injil Matius Perjanjian Baru
Sumber: jawaban.com

Fakta Alkitab / 21 September 2022

Kalangan Sendiri

Fakta Alkitab: Riwayat Hidup Murid Yesus, Matius, Penulis Injil Matius Perjanjian Baru

Claudia Jessica Official Writer
9257

5. Matius adalah penulis Injil Matius dan merupakan kitab pertama dalam Perjanjian Baru. Injil ini ditulis Matius untuk pembaca Yahudi demi meyakinkan mereka bahwa Mesias yang dinanti-nantikan telah datang dalam diri Yesus Kristus.

6. Mengenai dimana dan kapan Injil Matius ditulis. Sebagian sarjana menyebutkan Antiokia, sedangkan menurut Athanasius, injil ini ditulis di Yerusalem, Ebedjesu di Palestina dan Jerome di Yudea. Pandangan secara umum menyebutkan daerah Palestina sebagai tempat pembuatan injil ini, dan dalam hal ini, tampaknya banyak sarjana sepakat. Sedangkan bila mengandaikan bahasa Yunani sebagai bahasa injil, maka Syria akan menjadi tempat yang lebih cocok karena lebih banyak penduduk Syria yang menggunakan bahasa Yunani daripada di Palestina, serta diketahui bahwa kaum Yahudi saat itu dikenal menggunakan tiga bahasa yaitu, Arami, Ibrani, dan Yunani. Namun, Bahasa Yunani pada masa itu hanya dikuasai oleh kaum terpelajar dan kolaborator Romawi.

 

BACA JUGA: Fakta Alkitab: Riwayat Hidup Murid Yesus, Filipus yang Makamnya Ditemukan di Turki

 

Kisah kematian Matius

Hanya sedikit yang diketahui tentang akhir hidup Rasul Matius. Tetapi menurut legenda, Matius pergi ke Ethiopia dan bertemu dengan Kandake. Ada yang mengatakan bahwa ia direbahkan di tanah dan kepalanya dipancung dengan halberd (senjata abad ke 15-16 yang memiliki pisau seperti kapak dan ujung logam yang runcing pada ujung batangnya yang panjang) di kota Nadabah atau Naddayar, Ethiopia, sekitar tahun 60 M. Namun ada juga yang mengatakan bahwa Matius martir dengan cara dibakar, dirajam, atau dipenggal. Tetapi dalam buku The Martirologi Romawi hanya tertulis “S, mattaei, qui di aethiopia praedican martyrium passus est” yang diartikan Santo Matius, rasul menderita kemartiran di Ethiopia.

Demikian Fakta Alkitab kita mengenai murid Yesus Matius. Saksikan video fakta Alkitab, riwayat hidup murid Yesus, Matius penulis Injil Matius Perjanjian Baru, di bawah ini:

 

Sumber : jawaban channel
Halaman :
12Tampilkan Semua

Ikuti Kami