Kisah Tragis Hidup Penasihat Raja Daud yang Berkhianat

Fakta Alkitab / 19 September 2022

Kalangan Sendiri

Kisah Tragis Hidup Penasihat Raja Daud yang Berkhianat

Lori Official Writer
1164

Ahitofel adalah seorang pejabat senior terkemuka di masa pemerintahan Raja Daud. Kedudukannya sangat strategis dalam struktur kerajaan Israel. Ia sudah puluhan tahun menduduki jabatan penting yaitu sebagai penasihat raja.

Sang Raja sangat mempercayai nasihat-nasihatnya yang bijaksana. Alkitab menggambarkan bahwa nasihat-nasihat Ahitofel hampir sama dengan petunjuk Tuhan (2 Samuel 16:23). Pengabdiannya kepada raja luar biasa dan keluarganya pun turut menjadi bagian abdi kerajaan yang penting. Eliam, anak lelakinya adalah salah satu dari 30 pahlawan pilihan Daud.

Tapi di usianya yang menjelang senja, Ahitofel berubah haluan. Pejabat senior ini memilih menyeberang ke kubu Absalom. Padahal, saat itu, putra Daud itu sedang melakukan upaya perebutan kekuasaan raja Israel. Ahitofel menjadi bagian dari persengkokolan licik yang dibangun oleh Absalom untuk menggulingkan ayahnya sendiri dari tahta kekuasaan. 

Absalom melakukan gerakan perebutan kekuasaan dengan cara-cara licik. Ia melakukan kampanye hitam dengan menyebarkan kabar bahwa Raja Daud tidak adil masalah hukum (2 Samuel 15:3) dan puncaknya Absalom menggunakan kegiatan agama sebagai kedok mendeklarasikan dirinya sebagai Raja. Absalom menjadikan upacara persembahan korban di Hebron untuk mengukuhkan diri sebagai Raja Israel.

 

Baca Juga: Nabi Ini Bongkar Ilmu Sakti Nabi-nabi Baal

 

Apa yang sebenarnya terjadi pada Ahitofel? 

Seorang penasihat yang sangat dipercayai oleh Daud menjadi pengkhianat. Anak Ahitofel yang bernama Eliam memiliki putri cantik bernama Batsyeba. Akar kata nama Batsyeba adalah Bathshua yang artinya "putri kemakmuran saya". Ini bisa menjadi petunjuk betapa wanita muda cantik ini pujaan seluruh keluarga. Bisa dipastikan juga seluruh keluarga termasuk Ahitofel turut menyusun rencana masa depannya. Termasuk ketika ketika Batsyeba menikah dengan perwira muda militer, bernama Uria.

Ahitofel dan keluarga pasti sudah memiliki harapan yang indah tentang Batsyeba. Tapi apa yang terjadi ketika cucu perempuan Ahitofel itu dicemarkan dan dipermalukan oleh Raja Daud? Dan Uria, suaminya dikorbankan di medan perang?

Sebuah pukulan hebat dan menimbulkan luka hati bagi Ahitofel, di mana ia dan keluarganya yang sudah mengabdi dengan penuh hormat tapi dikhianati oleh perbuatan keji sang raja.

 

BACA HALAMAN BERIKUTNYA --->

Sumber : Jawaban Channel
Halaman :
12Tampilkan Semua

Ikuti Kami