Membangun Financial Ibarat Seperti Membangun Rumah

Finance / 8 September 2022

Kalangan Sendiri

Membangun Financial Ibarat Seperti Membangun Rumah

Aprita L Ekanaru Official Writer
830

Seperti membangun sebuah rumah yang membutuhkan perencanaan, pun Anda juga harus melalui berbagai tahapan mulai dari membuat fondasi rumah, tembok, hingga sampai pada atapnya. Tahapan tersebut harus dijalankan sesuai dengan urutannya agar rumah yang dibangun kuat dan kokoh.

Lalu bagaimana tahapan membangun financial yang benar, apakah benar sama seperti membangun rumah?

Tahap 1: Membuat Fondasi = Cashflow positif

Kalau membangun rumah, fondasi memang tidak terlihat, namun sangat krusial untuk menentukan kekuatan dan ketahanan sebuah bangunan. Jika membangun finansial yang kuat juga diperlukan sebuah fondasi yang kuat, fondasi tersebut adalah cahsflow yang positif.

Untuk mendapatkan cahsflow yang positif Anda harus dapat menaikan pendapatan, menekan pengeluaran dan melunasi hutang sesegera mungkin. Selama fondasi keuangan Anda belum tercapai, maka keuangan Anda akan mudah runtuh. Fokuskan diri Anda untuk menguatkan fondasi terlebih dahulu sebelum menuju ke tahapan selanjutnya.

Tahap 2: Tembok Semen = Dana Darurat dan Asuransi

Anda akan merasa lebih aman jika tembok rumah Anda kuat, begitu juga di dalam membangun financial. Jika fondasi sudah tercapai, Anda bisa lanjut ke tahapan ini untuk membuat keuangan Anda menjadi lebih aman.

 

BACA HALAMAN SELANJUTNYA -->

Sumber : Instagram Gatherich
Halaman :
12Tampilkan Semua

Ikuti Kami