Penuhi 4 Kebutuhan Ini Dengan Bijak Saat Hadapi Inflasi
Sumber: DW

Finance / 6 September 2022

Kalangan Sendiri

Penuhi 4 Kebutuhan Ini Dengan Bijak Saat Hadapi Inflasi

Lori Official Writer
2373

3. Sewa Rumah

Rumah menjadi anggaran yang paling besar dari seluruh kebutuhan hidup. Jadi Anda bisa melakukan beberapa tips penghematan ini.

Menyewa

1. Miliki teman sekamar. Dengan membagi biaya berdua akan sangat menghemat pengeluaran Anda. Atau bagi yang menyewa rumah atau apartemen untuk keluarga, pastikan untuk lebih bijak memilih harga rumah yang lebih murah.

2. Lakukan negosiasi dengan pemilik rumah. Dengan negosiasi yang baik, Anda bisa memangkas anggaran hingga 10% dari harga awal. Jadi gunakan keahlian berkomunikasi Anda.

3. Pilih pindah. Pindah adalah alternatif terakhir jika harga kos atau rumah semakin melonjak. Jika ternyata Anda menemukan sewa kos atau rumah yang lebih murah, tentu saja hal itu akan sangat membantu.

 

Membeli Rumah

Membeli rumah di masa inflasi seperti saat ini mungkin sedikit nekad. Tetapi jika Anda memang sudah harus membelinya sekarang, pastikan untuk melakukan beberapa hal ini.

1. Bayar uang muka (DP) yang lebih besar. Karena semakin besar uang muka yang Anda bayarkan akan semakin murah biaya angsuran bulanan yang akan Anda bayarkan. Jadi pastikan untuk membayar DP 20-25% di awal.

2. Pastikan pembayaran rumah tidak lebih dari 25% dari gaji bulanan Anda. Dengan angsuran yang tidak lebih dari 25% dari gaji akan membuat keuangan Anda aman. 

3. Beli rumah sampai harga pasar turun. Jika Anda masih bisa bersabar untuk membeli rumah, maka lakukanlah hal itu ketika harga pasar turun. Dengan suku bunga yang naik, kita akan melihat pasar perumahan yang sedikit mendingin karena suku bunga hipotek menyesuaikan dengan perubahan. Jika harga rumah saat ini membuat Anda merinding, maka tunggulah sampai harganya turun.

 

4. Transportasi

Biaya bensin kendaraan yang Anda gunakan setiap hari juga akan ikut membengkak bahkan ketika BBM naik. 

Untuk menghemat biaya transfortasi, lakukan beberapa hal ini:

1. Hemat penggunaan kendaraan.

2. Cari harga bensin termurah.

3. Lakukan perawatan kendaraan secara berkala.

Selain melakukan beberapa tips di atas, Anda juga bisa mengatasi perang inflasi ini dengan mengubah gaya hidup Anda secara keseluruhan. Misalnya:

- Membeli lebih sedikit barang.

- Menghasilkan pendapatan yang lebih besar.

- Membuat pengelolaan keuangan secara teratur.

Dengan melakukan tips-tips di atas, setidaknya alokasi pengeluaran Anda yang lebih teratur. Inflasi bukan sesuatu yang terlalu menakutkan kok. Jadi gak perlu dibawa stress ya. 

Sumber : Ramseysolutions.com
Halaman :
12Tampilkan Semua

Ikuti Kami