3 Cara Bijak Hindari Konflik Keuangan Dalam Pernikahan

Relationship / 5 September 2022

Kalangan Sendiri

3 Cara Bijak Hindari Konflik Keuangan Dalam Pernikahan

Lori Official Writer
393

Cinta memang adalah dasar di dalam hubungan pernikahan. Tetapi realitanya, ada banyak faktor yang menentukan sebuah pernikahan sukses. Salah satunya adalah uang.

Saat pemasukan tidak cukup menutupi kebutuhan sehari-hari, pasangan suami istri akan mulai merasa terusik hingga menyebabkan hubungan menjadi renggang.

Karena itulah penting sekali bagi setiap pasangan untuk memiliki keuangan yang stabil. Merencanakan keuangan bersama, bisa jadi salah satu solusi terhindar dari konflik keuangan.

Berikut 3 cara bijak menghindari konflik keuangan dalam pernikahan:

1. Buat Rencana Keuangan

Setelah berkeluarga, penting sekali untuk mengelola gaji bulanan dengan bijak. Alokasikan keuangan sesuai dengan kebutuhan. Misalnya, belanja bulanan, cicilan, donasi, tabungan dan investasi.

Adalah keharusan bagi pasangan suami istri memiliki tabungan atau investasi. Simpanan ini bisa menjadi dana darurat yang sewaktu-waktu akan dibutuhkan.

 

Baca Juga: 5 Kesepakatan Dengan Pasangan Ini Bantu Selamatkan Pernikahan Dari Rasa Cemburu

 

2. Belajar lebih banyak tentang manajemen keuangan.

Banyak pasangan yang merasa sudah mampu mengatur keuangan dengan baik dan menolak untuk terus belajar para ahli perencana keuangan.

Kurangnya pengetahuan akan keuangan bisa membuat pasangan terjebak di dalam masalah pengeluaran yang tidak tepat. Untuk itu, pasangan perlu mempelajari manajemen keuangan dan prinsip-prinsip pengelolaan keuangan yang berguna untuk membantu pengaturan anggaran rumah tangga yang tepat.

“Orang yang tak berpengalaman percaya kepada setiap perkataan, tetapi orang yang bijak memperhatikan langkahnya.” (Amsal 14: 15)

 

3. Tetapkan waktu yang teratur untuk membahas tentang uang.

Buatlah jadwal rutin bersama untuk mengevaluasi kondisi keuangan rumah tangga. Utarakan apa yang menjadi harapan masing-masing akan keuangan. 

Diskusikan pula masalah apa yang sedang dihadapi, seperti tagihan yang bertambah, biaya sekolah anak yang tak terduga atau kebutuhan tak terduga lainnya.

Momen ini membantu kalian untuk mengetahui posisi keuangan kalian saat ini.

 

Baca Juga: 5 Ayat yang Bantu Para Istri Merdeka Dari Tekanan Rasa Kesal ke Suami

 

Saat keuangan bermasalah, bertengkar bukanlah solusinya. Kesepakatan menjadi hal penting yang perlu diambil bersama. Beberapa pasangan mungkin akan memilih untuk mendapatkan konseling keuangan di dalam pernikahan. Sementara yang lain mencari bimbingan lewat membaca buku atau mengikuti pelatihan-pelatihan keuangan. Apapun yang Anda pilih, pastikan hal itu bisa membantu Anda dan pasangan mengelola keuangan yang lebih baik.

Sumber : Jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami