Atasi Sakit Punggung Tanpa Pijat, Begini Caranya!

Health / 4 September 2022

Kalangan Sendiri

Atasi Sakit Punggung Tanpa Pijat, Begini Caranya!

Aprita L Ekanaru Official Writer
392

Setiap orang pasti pernah mengalami sakit punggung. Hal ini biasanya terjadi jika mengangkat benda berat, terlalu banyak duduk atau berkegiatan outdoor secara berlebihan. Meskipun sakit punggung tidak menyebabkan komplikasi kesehatan yang terdengar serius, tetapi tetap saja jika kumat akan dapat megganggu aktivitas Anda.

Kebanyakan orang akan langsung datang ke tukang pijat jika sakit punggung sedang menyerang. Ternyata kita dapat mengatasi sakit punggung tanpa harus dipijat dengan cara di bawah ini:

1. Olahraga ringan secara teratur

Ketika sakit punggung sedang menyerang, rasanya tubuh kita akan sulit digerakkan. Tetapi dengan berolah raga singkat seperti jalan kaki, aerobik, yoga, pilates atau aktivitas olah raga lainnya yang ringan dapat membantu untuk meringankan sakit punggung. Sebab ketika berolah raga, kita dapat mengendurkan otot yang tegang dan melepaskan endorfin yang merupakan pereda nyeri alami otak. Dengan melakukan olah raga ringan secara rutin dapat menjaga otot kita tetap fleksibel dan lebih kuat, serta dapat mencegah nyeri punggung di kemudian hari.

2. Oleskan krim pereda nyeri atau koyo 

Sangatlah mudah untuk menemukan krim pereda nyeri atau koyo dengan berbagai merk di apotik atau supermaket di sekitar kita. Kandungan pada krim pereda nyeri dan koyo mengandung efek yang mendinginkan sehingga dapat membuat sakit punggung reda untuk sementara. Riset 2018 menunjukkan bahwa mengoleskan mentol ke kulit dapat menurunkan kepekaan reseptor rasa sakit di tubuh. Namun, menggunakan terlalu banyak mentol dapat menyebabkan lebih banyak kepekaan terhadap rasa sakit. 

3. Tidur yang cukup dan nyaman 

Riset 2015 membuktikan bahwa kurang tidur dapat memengaruhi seberapa banyak rasa sakit yang dapat ditoleransi seseorang. Kebanyakan orang dewasa membutuhkan tujuh hingga sembilan jam tidur malam. Namun saat Anda tidur, pastikan kenyamanan punggung Anda untuk menghindari sakit punggung di pagi hari. Anda bisa menggunakan bantal tambahan yang disesuaikan dengan kenyamanan saat tertidur.

4. Kompres dengan air hangat atau dingin

Kompreslah bagian yang sakit dengan air panas atau dingin untuk mengurangi pembengkakan dan meredakan rasa sakit. Mengompres dengan es setelah cedera juga bisa mengurangi rasa sakit. Sebab, sensasi dingin pada es dapat memberikan sensasi mati rasa untuk nyeri punggung.

 

Sumber : Kompas
Halaman :
1

Ikuti Kami