Apakah Anda Orang yang Mudah Kuatir? Yuk Baca Ini…

Kata Alkitab / 2 September 2022

Kalangan Sendiri

Apakah Anda Orang yang Mudah Kuatir? Yuk Baca Ini…

Lori Official Writer
720

Setiap orang pasti menghadapi situasi yang terbilang sulit. Mungkin saja Anda sedang menghadapi lebih dari satu masalah dalam hidup. Ada yang berjuang soal keuangan, ada yang berjuang soal anak, pernikahan dan juga masa depan. Ada banyak sekali pergumulan hidup.

Tapi bagaimana Anda meresponi situasi hidup Anda sangatlah penting. Apakah Anda adalah orang yang memilih berjuang dan kuat menghadapinya? Atau malah rentan kuatir akan masalah itu?

Perbedaan yang sangat kentara antara orang yang mudah kuatir dengan yang mau berjuang terletak pada mentalitasnya. Orang yang mudah kuatir pasti akan menyerah dan mencari-cari alasan, sementara pejuang akan terus maju dan percaya jika situasi yang dihadapi akan selesai.

Bagi orang percaya, bertarung harus dilakukan dengan iman. Doa dan mempercayai janji Tuhan adalah bagian dari strategi untuk memenangkan pertempuran kekuatiran yang kita hadapi. Karena itulah kita perlu mencari Tuhan melalui firman kebenaran-Nya. 

 

Baca Juga: 

3 Cara Praktis Mengatasi Rasa Kuatir

Kuasa Tuhan di Atas Segala Rasa Kuatir

 

Firman Tuhan sendiri memberikan kita kunci utama dalam menghadapi masalah dan kekuatiran di dalam hidup. Seperti disampaikan di Matius 6: 33-34, “Tetapi carilah dahulu Kerajaan Allah dan kebenarannya, maka semuanya itu akan ditambahkan kepadamu. Sebab itu janganlah kamu kuatir akan hari besok, karena hari besok mempunyai kesusahannya sendiri. Kesusahan sehari cukuplah untuk sehari.” 

Saat kita dekat dengan Tuhan, kita akan diberikan damai sejahtera dan sukacita di dalam hati kita untuk melalui apapun yang ada di depan kita. Tuhan sendiri akan menguatkan kita melalui Roh-Nya dan membangkitkan semangat serta harapan kita bahwa kita tidak sendirian. Kekuatan Tuhan menolong kita bertahan. Kita juga perlu berdoa dan merenungkan firman-Nya sebagai cara untuk melawan pikiran-pikiran negatif kita yang menghasilkan ketakutan, kekuatiran dan putus asa.

Berikut 4 teknik yang bisa Anda lakukan untuk mengusir segala rasa kuatir di tengah segala kondisi yang Anda hadapi.

1. Perkatakan Janji Tuhan

Tuhan menjanjikan rancangan yang baik atas umat-Nya. Imanilah bahwa Tuhan akan membuat hidup Anda berkelimpahan, diberkati dan tidak ditinggalkan. Katakan ‘tidak’ pada rasa takut yang mungkin tiba-tiba muncul.

“Bukankah telah Kuperintahkan kepadamu: kuatkan dan teguhkanlah hatimu? Janganlah kecut dan tawar hati, sebab tuhan, Allahmu, menyertai Engkau, ke mana pun engkau pergi.” (Yosua 1: 9)

 

BACA HALAMAN BERIKUTNYA --->

Sumber : CBN
Halaman :
12Tampilkan Semua

Ikuti Kami