10 Kitab Alkitab yang Wajib Dibaca Ulang dan Alasannya…
Sumber: canva.com

Kata Alkitab / 28 August 2022

Kalangan Sendiri

10 Kitab Alkitab yang Wajib Dibaca Ulang dan Alasannya…

Lori Official Writer
5514

Sebagai orang Kristen, bahkan yang sejak lahir sudah menjadi Kristen, kadang kala akan merasa bosan dengan bacaan Alkitab yang itu-itu saja.

Lalu kita mulai berpikir, “Apa mungkin saya akan mendapatkan hal baru dari membaca kitab yang sama ini berulang-ulang?”

Tetapi percaya gak percaya, firman Tuhan selalu baru. Banyak orang menyampaikan kesaksian bahwa mereka justru kerap mendapatkan hal baru meski membaca ayat yang sama berulang-ulang.

Tuhan akan bekerja melalui Roh Kudus yang ada di dalam hati kita melalui firman yang kita baca. Jadi hal ini menjadi salah satu alasan kenapa kita perlu membaca 10 bagian kitab Alkitab ini berulang-ulang.

1. Kejadian

Kitab Kejadian mengajarkan kita tentang siapa sosok Tuhan dan bagaimana Dia menciptakan dunia, manusia dan tujuan-Nya atas dunia ini.

Dengan membaca kisah-kisah awal penciptaan, akan membantu kita memahami nubuatan kedatangan Yesus, setelah kejatuhan Adam dan Hawa di taman Eden.

Ada banyak kisah dramatis yang juga bisa kita pelajari. Mulai dari kisah Abraham dan Sara, Yakub dan Esau, Yusuf di tanah perbudakan dan banyak pelajaran kehidupan lainnya. Jadi bacalah perlahan-lahan dan minta supaya Roh Kudus membimbing Anda untuk memahami isinya.

“Berfirmanlah Allah: "Baiklah Kita menjadikan manusia menurut gambar dan rupa Kita, supaya mereka berkuasa atas ikan-ikan di laut dan burung-burung di udara dan atas ternak dan atas seluruh bumi dan atas segala binatang melata yang merayap di bumi." Maka Allah menciptakan manusia itu menurut gambar-Nya, menurut gambar Allah diciptakan-Nya dia; laki-laki dan perempuan diciptakan-Nya mereka.” (Kejadian 1: 26-27) 

 

2. Yohanes

Kitab Yohanes membantu kita menggali tentang pribadi Yesus. Banyak orang Kristen yang menyukai bagian kitab ini karena penggunaan bahasanya yang indah dan menginspirasi. Penulis menggambarkan tentang Yesus dan pikiran dan hati-Nya atas orang-orang percaya.

Di dalam kitab ini, kita bisa menemukan beragam argumen yang paling meyakinkan yang mendukung identitas supernatural Yesus sebagai Anak Allah. Yohanes sendiri menyebut Yesus adalah firman Allah yang telah menjadi manusia (Yohanes 1: 14)

“Akulah roti hidup; barangsiapa datang kepada-Ku, ia tidak akan lapar lagi, dan barangsiapa percaya kepada-Ku, ia tidak akan haus lagi.” (Yohanes 6: 35)

“Akulah terang dunia; barangsiapa mengikut Aku, ia tidak akan berjalan dalam kegelapan, melainkan ia akan mempunyai terang hidup.” (Yohanes 8: 12)

“Akulah gembala yang baik. Gembala yang baik memberikan nyawanya bagi domba-dombanya.” (Yohanes 10: 11)

“Akulah jalan dan kebenaran dan hidup. Tidak ada seorangpun yang datang kepada Bapa, kalau tidak melalui Aku.” (Yohanes 14: 6)

 

3. Roma

Kitab Roma ditulis oleh Paulus. Di dalam kitab inilah dia mengungkapkan tentang kebutuhan manusia akan Juruslamat. Ayat-ayat di dalam kitab Roma bahkan menjadi senjata bagi kita dalam membagikan Injil.

“Akan tetapi Allah menunjukkan kasih-Nya kepada kita, oleh karena Kristus telah mati untuk kita, ketika kita masih berdosa.” (Roma 5: 8)

 

BACA HALAMAN BERIKUTNYA --->

4. Mazmur

Mazmur mengajarkan kita hal-hal tentang mengucap syukur, berdoa, meratap dan berpengharapan. Kitab Mazmur juga membantu kita untuk melalui masa-masa sulit seperti berduka, pengakuan dosa, meminta bimbingan dan mengungkapkan sukacita dan ucapan syukur.

“Allah itu bagi kita tempat perlindungan dan kekuatan, sebagai penolong dalam kesesakan sangat terbukti.” (Mazmur 46: 1)

“Orang yang duduk dalam lindungan Yang Mahatinggi dan bermalam dalam naungan Yang Mahakuasa.” Mazmur 91: 1)

 

5. Efesus

Surat Paulus kepada jemaat di Efesus dimulai dengan gambaran yang mengilhami tentang berkat dan anugerah yang menjadi milik kita di dalam Kristus. 

Kitab Efesus mengingatkan kita bahwa kita diselamatkan karena kasih karunia melalui iman di dalam Yesus Kristus saja. Pesan ini mengingatkan kita secara jelas tentang identitas dan tujuan hidup kita di dunia. 

“Karena kita ini buatan Allah, diciptakan dalam Kristus Yesus untuk melakukan pekerjaan baik, yang dipersiapkan Allah sebelumnya. Ia mau, supaya kita hidup di dalamnya.” (Efesus 2: 10)

Buku ini juga mencakup topik-topik yang bermanfaat bagi kehidupan orang-orang Kristen, seperti kesatuan dalam tubuh Kristus, nasihat bagi pasangan menikah, keluarga serta bagaimana orang-orang percaya perlu mempersiapkan diri untuk peperangan rohani sehingga kita bisa berdiri teguh dalam iman.

 

6. Amsal

Jika Anda memerlukan hikmat sdan kebijaksanaan, bacalah kitab Amsal. Kitab yang ditulis oleh Raja Salomo ini berisi kutipan-kutipan ayat yang bijaksana yang memberikan kita pandangan akan kebenaran di dalam menjalani hidup. 

Kita bisa menemukan banyak kitab-kitab penuntun seputar hubungan, pernikahan, keluarga, pekerjaan, bisnis hingga keuangan. Amsal juga mengajarkan tentang pengendalian diri, cara bersikap benar, adil, menjadi sukses dan mengasihi.

“Takut akan TUHAN adalah permulaan pengetahuan, tetapi orang bodoh menghina hikmat dan didikan.” (Amsal 1: 7)

 

7. Filipi 

Saat hidup kita menyedihkan dan sukacita seolah-olah sirna, Filipi mendorong kita untuk memandang melampaui kondisi kita dan menemukan sukacita di dalam Yesus Kristus. Hanya dalam empat pasal, Paulus menyebutkan sukacita sebanyak 16 kali. Padahal dia menulis surat ini saat masih di dalam penjara. 

“Bersukacitalah senantiasa dalam Tuhan! Sekali lagi kukatakan: Bersukacitalah!” (Filipi 4: 4)

“Janganlah hendaknya kamu kuatir tentang apapun juga, tetapi nyatakanlah dalam segala hal keinginanmu kepada Allah dalam doa dan permohonan dengan ucapan syukur. Damai sejahtera Allah, yang melampaui segala akal, akan memelihara hati dan pikiranmu dalam Kristus Yesus.” (Filipi 4: 6-7)

 

BACA HALAMAN BERIKUTNYA --->

8. 1 Yohanes 

Saat kita butuh diingatkan kembali akan kasih Tuhan, 1 Yohanes mendorong kita dengan banyak penegasan akan kasih-Nya yang luar biasa. Hanya dalam lima pasal, Yohanes menyentuh tema terang, kemenangan dalam Kristus, persekutuan dengan Allah, pengampunan dosa dan jaminan hidup kekal. 

Jika Anda merasa iman Anda sedang terguncang dan mulai kehilangan pengharapan di dalam Tuhan, bacalah kembali 1 Yohanes dan temukan begitu banyak ayat yang akan membangkitkan iman Anda.

“Tetapi jika kita hidup di dalam terang sama seperti Dia ada di dalam terang, maka kita beroleh persekutuan seorang dengan yang lain, dan darah Yesus, Anak-Nya itu, menyucikan kita dari pada segala dosa. Jika kita berkata, bahwa kita tidak berdosa, maka kita menipu diri kita sendiri dan kebenaran tidak ada di dalam kita. Jika kita mengaku dosa kita, maka Ia adalah setia dan adil, sehingga Ia akan mengampuni segala dosa kita dan menyucikan kita dari segala kejahatan. Jika kita berkata, bahwa kita tidak ada berbuat dosa, maka kita membuat Dia menjadi pendusta dan firman-Nya tidak ada di dalam kita.” (1 Yohanes 1: 7-10)

 

9. Yakobus

Buku Yakobus ini berisi ayat-ayat yang menantang kita untuk mengambil langkah-langkah parktis dalam menjalani iman kita, daripada hanya membicarakannya saja. Yakobus memulai dengan dorongan khusus bagi orang-orang yang mengalami pencobaan dan bagi mereka yang membutuhkan hikmat. Lalu dilanjutkan dengan nasihat bijak tentang berkomunikasi, menaati firman Tuhan, dan tindakan bermurah hati bagi orang-orang miskin.

 

10. Yesaya

Seperti banyak kitab di Perjanjian Lama, Yesaya menjadi salah satu kitab yang sangat perlu dibaca kembali. Pasalnya, kitab ini berisi tentang nubuatan kedatangan Yesus beberapa ribu tahun kemudian. Kitab ini juga berisi tentang bagaimana seharusnya umat Tuhan menjalani kehidupannya. 

Selain itu, Yesaya juga menawarkan kata-kata penghiburan yang kuat seperti di dalam Yesaya 40: 31, “…tetapi orang-orang yang menanti-nantikan TUHAN mendapat kekuatan baru: mereka seumpama rajawali yang naik terbang dengan kekuatan sayapnya; mereka berlari dan tidak menjadi lesu, mereka berjalan dan tidak menjadi lelah.”

Anda bisa mencoba membuat jadwal bacaan untuk 10 kitab Alkitab ini. Dengan begitu, Anda bisa punya bahan untuk direnungan secara runut dan sistematis setiap harinya.

Sumber : Crosswalk.com
Halaman :
Tampilkan per Halaman

Ikuti Kami