5 Kesepakatan Dengan Pasangan Ini Bantu Selamatkan Pernikahan Dari Rasa Cemburu

Relationship / 25 August 2022

Kalangan Sendiri

5 Kesepakatan Dengan Pasangan Ini Bantu Selamatkan Pernikahan Dari Rasa Cemburu

Lori Official Writer
470

Cemburu menjadi negatif jika hal itu menyebabkan kerusakan. Di dalam pernikahan, rasa cemburu bisa berujung pada dosa seperti pembunuhan, perzinahan dan kesombongan.

Saat seorang istri atau suami mulai cemburu dengan pasangannya, mereka akan mulai merasa tidak aman (insecure), posesif, ketakutan dan mulai mencari-cari konflik.

Dr. Charles Swindoll menyampaikan dalam bukunya berjudul ‘Marriage…From Surviving to Thriving…” bahwa, “Pasangan yang cemburu akan mengejar apa yang dia inginkan, bahkan sampai ke tingkat yang ekstrim untuk mengendalikan pasangannya.” Yang artinya adalah rasa cemburu terhadap pasangan bisa membuat suami atau istri menjadi gelap mata dan melakukan tindakan apapun untuk mendapatkan apapun yang dia anggap sebagai haknya.

Kondisi ini tentu saja tak lagi sehat. Karena itu diperlukan solusi untuk mengatasi rasa cemburu di dalam pernikahan. Menyadari bahaya rasa cemburu ini, perlu sekali bagi suami istri untuk membuat kesepakatan bersama di dalam pernikahan. 

 

Baca Juga: Cemburu Pada Pasangan, Bolehkah?

 

Ada 5 kesepakatan yang dianggap penting untuk dibuat dalam pernikahan, diantaranya:

1. Kesepakatan untuk tidak memiliki hubungan dekat dengan lawan jenis. 

Meskipun hubungan dekat dengan lawan jenis tidak selalu menimbulkan bahaya, namun bahaya seringkali muncul dari hubungan yang dekat dengan lawan jenis.

 

2. Kesepakatan untuk mengkomunikasikan apapun yang dilakukan pasangan di luar rumah. 

Persahabatan dengan orang lain di luar rumah hampir selalu mengandung unsur kerahasiaan. Karena itu penting bagi pasangan untuk secara terbuka mengkomunikasikan apapun yang pasangan lakukan di luar rumah. Pergi dengan siapa, apa yang terjadi dan bagaimana harinya berjalan. Pastikan untuk tidak menyembunyikan sekecil apapun hal yang Anda lalui sepanjang hari.

 

Baca Juga: Kecemburuan Sebabkan Aku Todongkan Pistol

 

3. Kesepakatan untuk selalu peka dengan perasaan pasangan. 

Perasaan harus diterima dan dihormati. Perasaan pasangan Anda tidak seharusnya diperdebatkan. Jadilah peka terhadap perasaan pasangan Anda, tak peduli seberapa tidak nyamannya itu bagi Anda.

 

4. Kesepakatan untuk tidak memarahi atau menghakimi pasangan atas perasaan yang mereka rasakan.

Ciptakan tempat aman dalam hubungan Anda dimana perasaan dapat diekspresikan dan dilindungi. Setiap orang memiliki hak untuk merasakan apa yang mereka rasakan, dan berharap agar perasaan itu dapat didengar.

 

Baca Juga: Ngomongin Mantan Ke Pacar Sih Lumrah Aja, Tapi Perlu Tahu Batasannya Biar Nggak awkward!

 

5. Kesepakatan untuk mencari jalan keluar dari rasa cemburu yang muncul dalam pernikahan.

Jangan biarkan cemburu menghancurkan hubungan pernikahan Anda. Ini merupakan masalah yang mudah untuk diselesaikan – biarkan pasangan Anda tahu bahwa keselamatan dan kehormatan mereka merupakan hal yang paling penting bagi Anda.

Jangan biarkan rasa cemburu merusak pernikahan Anda. Bangunlah kembali pernikahan Anda atas dasar firman Tuhan ini: “Kasih itu sabar; kasih itu murah hati; ia tidak cemburu. Ia tidak memegahkan diri dan tidak sombong. Ia tidak melakukan yang tidak sopan dan tidak mencari keuntungan diri sendiri. Ia tidak pemarah dan tidak menyimpan kesalahan orang lain. Ia tidak bersukacita karena ketidakadilan, tetapi karena kebenaran. Ia menutupi segala sesuatu, percaya segala sesuatu, mengharapkan segala sesuatu, sabar menanggung segala sesuatu.” (1 Korintus 13: 4-7)

Sumber : Jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami