Inilah Penderita Cacar Monyet Pertama di Indonesia dan Awal Penularannya…

Health / 24 August 2022

Kalangan Sendiri

Inilah Penderita Cacar Monyet Pertama di Indonesia dan Awal Penularannya…

Lori Official Writer
727

Menyusul pengumuman Kementerian Kesehatan (Kemenkes) terkait kasus pertama cacar monyet di Indonesia, diketahui bahwa pasien berjenis kelamin laki-laki dan berusia 27 tahun. 

Melalui hasil pemeriksaan PCR, pasien yang berdomisili di Jakarta ini dinyatakan positif cacar monyet. 

Seperti disampaikan Kemenkes, pasien ini diketahui terinfeksi setelah melakukan perjalanan ke luar negeri. Gejala dikabarkan mulai terjadi seminggu setelah kembali ke Indonesia. Juru Bicara Kementerian Kesehatan RI M. Syahril menyebutkan jika pasien baru tiba di Indonesia pada 8 Agustus 2022 setelah perjalanan dari beberapa negara seperti Belanda, Swiss, Belgia dan Perancis.

 

Baca Juga:

Cacar Monyet Sudah Masuk ke Indonesia?

Jadi Status Darurat Kesehatan Global, Ini 10 Fakta Tentang Cacar Monyet

 

Setelah itu, pasien mengalami demam pada 14 Agustus 2022. Lalu pada tanggal 16 Agustus 2022, ruam cacar mulai muncul di bagian muka, telapak tangan, kaki dan bagian genital. Sampai akhirnya pada 18 Agustus 2022, pasien menjalani pemeriksaan PCR dan keesokan harinya dinyatakan positif.

“Gejala di tanggal 14, itu ada demam, kemudian juga ada pembesaran kelenjar, tapi keadaannya baik artinya tidak sakit berat,” ungkap Syahril.

Saat ini pasien tengah menjalani isolasi mandiri karena dinyatakan hanya mengalami gejala ringan.

“Pasien (dalam kondisi) baik-baik saja, kalau dalam istilah Covid-19 itu gejala ringan. Jadi pasien tidak perlu dirawat dan cukup isolasi di rumah,” lanjutnya.

 

Cacar Monyet Tidak Berbahaya

Berdasarkan data Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), cacar monyet bukankah penyakit berbahaya. Dari 35 ribu orang yang terinfeksi hanya 12 orang yang akan meninggal oleh infeksi virus ini.

Sementara penyebab meninggalnya terjadi karena infeksi virus yang masuk ke dalam tubuh dan menyerang organ tubuh. Dalam kondisi ini pasien bisa meninggal karena terserang pneumonia dan meningitis. 

Meski begitu, pemerintah tengah menyiapkan vaksin cacar monyet serta prosedur perawatan dan pengobatan terhadap pasien.

Sumber : Berbagai Sumber
Halaman :
1

Ikuti Kami