Tokoh Agama Hadiri Upacara HUT RI ke-77 di Masjid Istiqlal dan Pesan PGI Untuk Indonesia

News / 17 August 2022

Kalangan Sendiri

Tokoh Agama Hadiri Upacara HUT RI ke-77 di Masjid Istiqlal dan Pesan PGI Untuk Indonesia

Lori Official Writer
439

Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) RI ke-77 diadakan secara langsung dari Masjid Istiqlal, Jakarta Pusat. Upacara peringatan HUT RI ini secara khusus digelar bersama dengan tokoh lintas agama di Indonesia. 

Adapun tokoh agama yang hadir diantaranya, Ketua Umum Parisada Hindu Dharma Indonesia Mayjen TNI (Pur) Wisunu Bawa Tenaya, Ketua Majelis Tinggi Agama Konghucu Indonesia Budi Santoso Tanuwibowo, Ketua Konferensi Waligerja Indonesia Kardinal Mgr Ignatius Suharyo, Ketua Umum Persekutuan Gereja-Gereja Indonesia Pendeta Gomar Gultom, Ketua Umum Perwakilan Buddha Indonesia Dr Siti Hartati Murdaya.

Setelah menaikkan sangsaka merah putih, perayaan HUT RI ini diisi dengan rangkaian pertunjukan marching band.

 

Pesan HUT RI ke-77 Dari PGI

Di momen peringatan HUT RI ke-77 ini, Ketua Umum Persekutuan Gereja-gereja di Indonesia (PGI) Pendeta Gomar Gultom turut menyampaikan pesan supaya rakyat Indonesia bisa belajar dari para pendiri bangsa. Khususnya mengingat akan ungkapan para pendiri bangsa yang menyatakan bahwa kemerdekaan itu tidak semata karena adanya kejuangan mereka, tetapi adalah rahmat Tuhan. 

 

Baca Juga: Gereja Sambut Kado Istimewa HUT RI ke-77 Untuk Papua, Apa Ya?

 

Dia juga menyoroti tentang keragaman agama di Indonesia supaya selalu terhindar dari fanatisme agama. 

“Soekarno mengatakan, kalau  mau jadi Islam tidak harus menjadi orang Arab, kalau mau jadi Kristen tak harus menjadi irang Jahudi dan kalau mau jadi Hindu tidak harus jadi orang India. Ini penting kita camkan kini agar keindonesiaan kita tidak terserabut karena fanatisme agama dan kemajemukan kita tidak tersekat-sekat karena paham keagamaan,” ungkap Pendeta Gomar.

Sementara kepada gereja-gereja, dia mengingatkan supaya setiap umat Tuhan senantiasa menghayati kebenaran dan anugerah di dalam Tuhan dan senantiasa menghormati kesatuan NKRI dan Pancasila.

 

Baca Juga: Resmi Dirilis, Ini Tema dan Logo HUT RI Ke-77

 

Melalui Dialog Nasional Lintas Agama di Masjid Istiqlal inilah, muncul gagasan untuk menggelar peringatan upacara RI ke-77 antar lintas agama di Masjid Istiqlal hari ini. Pendeta Gomar berharap, para rokoh agama bisa menggelar pertemuan secara berkala guna memperlengkapi para tokoh agama agar makin kuat mendorong umatnya secara cerdas dengan menghidupi sunstansi agama ketimbang mengedepankan simbol-simbol keagamaan dan bersedia melepas klaim-klaim keagamaannya sendiri.

Semoga dengan kesatuan tokoh-tokoh agama, kehidupan beragama di Indonesia semakin membaik ya.

Sumber : Jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami