8 Hal yang Dibenci Iblis Dari Hidup Orang Kristen
Sumber: https://www.baptistmessenger.com/

Kata Alkitab / 23 July 2023

Kalangan Sendiri

8 Hal yang Dibenci Iblis Dari Hidup Orang Kristen

Lori Official Writer
5863

Iblis secara teratur dan gigih akan mencoba untuk merusak hal baik yang dilakukan oleh orang Kristen. Dia akan mencoba untuk merusak dengan keinginan daging, keinginan mata dan keangkuhan hidup. Satu-satunya tujuan utama si iblis adalah untuk merusak pertumbuhan iman orang-orang percaya.

“Sebab semua yang ada di dalam dunia, yaitu keinginan daging dan keinginan mata serta keangkuhan hidup, bukanlah berasal dari Bapa, melainkan dari dunia.” (1 Yohanes 2: 16)

Inilah 8 hal yang dibenci dan berusaha dirusak iblis dari hidup orang Kristen.

1. Pemahaman Tentang Alkitab

Iblis bisa bekerja memutarbalikkan kebenaran Alkitab. Sama seperti yang dilakukan oleh iblis saat mencobai Yesus di padang gurun. 

Karena itu kita perlu mempersiapkan diri untuk memerangi siasat ini dengan kuasa Roh Kudus seperti yang dituliskan dalam Efesus 6: 13-20, “Sebab itu ambillah seluruh perlengkapan senjata Allah, supaya kamu dapat mengadakan perlawanan pada hari yang jahat itu dan tetap berdiri, sesudah kamu menyelesaikan segala sesuatu. Jadi berdirilah tegap, berikatpinggangkan kebenaran dan berbajuzirahkan keadilan, kakimu berkasutkan kerelaan untuk memberitakan Injil damai sejahtera; dalam segala keadaan pergunakanlah perisai iman, sebab dengan perisai itu kamu akan dapat memadamkan semua panah api dari si jahat, dan terimalah ketopong keselamatan dan pedang Roh, yaitu firman Allah, dalam segala doa dan permohonan. Berdoalah setiap waktu di dalam Roh dan berjaga-jagalah di dalam doamu itu dengan permohonan yang tak putus-putusnya untuk segala orang Kudus, juga untuk aku, supaya kepadaku, jika aku membuka mulutku, dikaruniakan perkataan yang benar, agar dengan keberanian aku memberitakan rahasia Injil, yang kulayani sebagai utusan yang dipenjarakan.”

Dalam 2 Timotius 2: 15, kita disarankan untuk mengusahakan “…supaya engkau layak di hadapan Allah sebagai seorang pekerja yang tidak usah malu, yang berterus terang memberitakan perkataan kebenaran itu.”

 

Baca Juga: Ketahuilah 5 Tanda bahwa Anda Sedang Berada Dalam Masa Peperangan Rohani

 

2. Ibadah yang Sejati

Orang Kristen memiliki gaya hidup penyembahan yang sejati kepada Tuhan. Seperti yang dituliskan dalam Yohanes 4: 23-24 bahwa ‘penyembah sejati akan menyembah Bapa dalam roh dan kebenaran’.

Si iblis bisa merusak gaya hidup orang Kristen ini dengan meniru cara penyembahan orang Kristen yang menyimpang dari kebenaran. Musuh kita menginginkan kita untuk terlibat dalam penyembahan yang diintervensi oleh si iblis.

 

3. Penyampaian Alkitab

Iblis akan memakai para pemimpin rohani tertentu yang tidak mengandalkan secara murni kuasa Roh Kudus saat menyampaikan kebenaran firman Tuhan.

Iblis senang ketika pemimpin rohani membagikan doktrin yang salah kepada jemaat gereja. Karena dengan itu mereka bisa memanipulasi kebenaran di dalam pikiran orang-orang percaya. Seperti halnya pembenaran akan dosa tertentu, yang sebenarnya ditentang keras di dalam Alkitab.

 

4. Kesetiaan Melayani Tuhan

Rasul-rasul di Alkitab menyerahkan seluruh waktu dan hidup mereka untuk melayani Tuhan. Sembari mengandalkan Roh Kudus, pelayanan itupun bertumbuh dan diberkati Tuhan.

Si iblis sangat membenci perluasan kerajaan Allah di dunia. Sebisa mungkin mereka ingin menghambat pelayanan anak-anak Tuhan. Karena itulah kehadiran teknologi seperti sosial media dan smartphone menjadi celah yang digunakan si iblis untuk mengelabui fokus orang-orang percaya. 

Si iblis akan membuat orang percaya disibukkan dengan segala urusan dunia, membuang waktu berjam-jam di sosial media dan melakukan hal-hal menarik yang ditawarkan oleh dunia.

 

 

BACA HALAMAN BERIKUTNYA --->

5. Hubungan yang rukun

Aspek lain yang dibenci oleh iblis dari hidup orang percaya adalah hubungan yang rukun atau persatuan. Dia suka orang-orang percaya mengalami perpecahan. Karena hal itu adalah jalan untuk merusak pertumbuhan gereja.

Untuk mencegah hal ini, kita perlu mengingat ayat Ibrani 10: 25, “Janganlah kita menjauhkan diri dari pertemuan-pertemuan ibadah kita, seperti dibiasakan oleh beberapa orang, tetapi marilah kita saling menasihati, dan semakin giat melakukannya menjelang hari Tuhan yang mendekat.”

 

6. Hati yang lemah lembut

Hati yang lemah lembut membuat seseorang mudah menerima firman kebenaran. Saat hati yang lemah lembut dibentuk, maka dia bisa menjadi semakin kuat dan dipakai oleh Tuhan dengan luar biasa.

Namun si iblis akan berusaha untuk mencemarkan hati orang-orang benar dengan banyak hal yang buruk. Untuk itulah kita perlu berhati-hati menjadi hati kita supaya tidak dicemari oleh kebohongan si iblis.

 

Baca Juga: Perkatakan 7 Ayat Ini Untuk Melindungi Anda Dari Kuasa Roh Jahat

 

7. Mengutamakan Tuhan

Saat orang percaya hidup mengutamakan Tuhan dalam hidupnya, maka si iblis akan berusaha mengacaubalaukannya dengan berbagai-bagai persoalan. Tanpa bersandar sepenuhnya kepada Tuhan, kita akan masuk kepada perangkap si iblis dan berujung kepada fokus kita yang salah. 

Mazmur 119: 133 akan mengingatkan kita untuk selalu fokus kepada Tuhan. “Teguhkanlah langkahku oleh janji-Mu, dan janganlah segala kejahatan berkuasa atasku.”

 

8. Mengandalkan Tuhan Yesus

Paulus dipakai Tuhan untuk berbagai pekerjaan besar karena dia hidup mengandalkan Tuhan. Tuhan memiliki kuasa untuk bekerja di dalam hidup kita jika kita mengandalkan Dia. Hal inilah yang dibenci oleh si iblis. Dia tidak suka jika kita melakukan berbagai-bagai mujizat dan perbuatan baik atas nama Tuhan Yesus.

Sehingga dia mencoba memanipulasi manusia dengan menawarkan kuasa kegelapannya untuk memenuhi kebutuhan manusia, seperti melakukan kesembuhan, memberi kekayaan dan perlindungan. Namun si iblis akan selalu meminta imbalan dari tawaran tersebut. 

Paulus, dalam Galatia 4: 8-9 menyampaikan kepada orang-orang percaya bahwa, “Dahulu, ketika kamu tidak mengenal Allah, kamu memperhambakan diri kepada allah-allah yang pada hakekatnya bukan Allah. Tetapi sekarang sesudah kamu mengenal Allah, atau lebih baik, sesudah kamu dikenal Allah, bagaimanakah kamu berbalik lagi kepada roh-roh dunia yang lemah dan miskin dan mau mulai memperhambakan diri lagi kepadanya?” Hidup di dalam Tuhan memang tidak akan terlepas dari beragam cobaan dan tantangan. Karena kita menyadari persis bahwa kita memiliki musuh yang tidak kelihatan. Jadi, tetaplah berjaga-jaga dengan selalu memakai perlengkapan senjata Allah sebagai pelindung untuk menghalau siasat si iblis.

Sumber : Jawaban.com
Halaman :
Tampilkan per Halaman

Ikuti Kami