Ini Manfaat Punya Mentor Untuk Tingkatkan Karir

Finance / 9 August 2022

Kalangan Sendiri

Ini Manfaat Punya Mentor Untuk Tingkatkan Karir

Lori Official Writer
521

Coach atau mentor adalah kolega berpengalaman yang bisa memberikan bimbingan berharga saat Anda memulai karir dan mencapai kemajuan di bidang tersebut. Seorang coach bisa jadi adalah salah satu rekan yang bekerja di perusahaan tempat Anda bekerja atau bisa juga seseorang yang bekerja di tempat lain.

Namun sangat disarankan untuk memiliki coach yang juga merupakan rekan kerja karena pengetahuannya tentang perusahaan pasti akan jauh lebih banyak dibandingka coach dari luar perusahaan.

Saat Anda masih memulai karir, seorang mentor bisa membantu Anda menghindari kesalahan akibat kurangnya pengalaman. Dia bisa memastikan Anda untuk tidak melewatkan kesempatan yang bisa meningkatkan karir Anda. 

Berikut manfaat memiliki seorang coach atau mentor.

1. Saat Anda menghadapi situasi yang tidak biasa di tempat kerja dan tidak tahu harus berbuat apa, misalnya menghadapi rekan kerja atau bos yang sulit, seorang mentor atau coach bisa memberikan Anda solusi untuk menghadapinya.

Besar kemungkinan dia memiliki pengalaman yang sama, sehingga dia bisa dengan mudah memberikan pandangan tentang apa yang perlu Anda lakukan.

2. Pengalaman bekerja yang lebih banyak menjadi kelebihan yang dimiliki seorang mentor untuk dibagikan dengan Anda. Statusnya bisa membuka beberapa peluang bagi Anda. Misalnya, dia bisa memperkenalkan Anda kepada orang-orang berpengaruh di bidang Anda. Sehingga peluang untuk memperluas jaringan semakin lebar.

 

Baca Juga: Resign Demi Keluarga, Bijakkah Bagi Wanita Berkarir?

 

3. Memiliki seorang mentor bisa jadi pintu bagi Anda untuk memperoleh peluang pekerjaan yang baru.

4. Mentor bisa menjadi pendukung terbesar Anda untuk terus mengembangkan diri baik melalui pendidikan maupun pelatihan-pelatihan kerja yang tersedia. Jika ternyata kalian bekerja di bidang yang sama, dia akan sangat membantu Anda untuk membuka peluang meningkatkan keterampilan Anda.

5. Jika Anda harus memutuskan apakah akan menerima tawaran pekerjaan, dia bisa memeriksanya untuk melihat apakah itu kesepakatan yang adil.

6. Ketika tiba saatnya untuk meminta kenaikan gaji kepada atasan, mentor Anda bisa memberikan tips tentang cara bernegosiasi.

 

BACA HALAMAN BERIKUTNYA --->

Sumber : Jawaban.com
Halaman :
12Tampilkan Semua

Ikuti Kami