Part 5 - Peluang

Renungan Harian 1 / 7 July 2022

Kalangan Sendiri

Part 5 - Peluang

Contasia Christie Official Writer
542

Ayat Alkitab : Galatia 6:1-10

Renungan

Saya sedih sekali melihat orang-orang menggunakan keadaan buruk, untuk menciptakan peluang menghasilkan uang dengan cara tidak jujur dan tidak benar. Teringat saat masa pandemi Covid kemarin, banyak orang membeli vitamin dan mendapatkan yang palsu. Padahal kita tahu, banyak orang di luar sana yang membutuhkan vitamin untuk menambah kesehatannya saat menghadapi pandemi, baik dia memang sakit atau berusaha tetap sehat.

Kita juga mengetahui tentang Avigan, obat antivirus untuk menyembuhkan pasien Covid, harganya melambung saat itu.  Sebelum situasi PPKM, satu box Avigan berharga 5 juta rupiah. Namun karena langka, beberapa orang melihat peluang itu dan sengaja menimbun produknya, akhirnya dijual dengan harga lebih dari 10 juta rupiah! Kamu bisa mengatakan bahwa ini memang mekanisme pasar, antara permintaan dan penawaran. Ya, saya mengerti. Tapi saya melihat motivasi yang mendasarinya tidak benar.

Saya merasa kasihan dengan para ‘pemain’ ini, apalagi orang percaya yang ikut ambil bagian dalamnya! Firman Tuhan berkata, “Tetapi Akulah yang memilih kamu. Dan Aku telah menetapkan kamu, supaya kamu pergi dan menghasilkan buah.” (Yohanes 15: 16).

Tapi, kita melihat dari situasi ini bahwa para pemain yang menjual vitamin palsu, dan orang-orang tamak ingin mendapatkan banyak keuntungan dari orang sakit. Ini adalah pekerjaan setan. Ingat apa yang Yesus katakan dalam Yohanes 10: 10, Pencuri datang hanya untuk mencuri dan membunuh dan membinasakan; Aku datang, supaya mereka mempunyai hidup, dan mempunyainya dalam segala kelimpahan.” Saya pikir kita setuju itu adalah perbuatan si jahat.

Sahabatku, kita diberkati untuk memberkati orang lain. Apapun dan kapanpun kita mendapat peluang untuk berbuat baik, mari kita lakukan untuk mendatangkan kebaikan bagi orang lain. Itulah cara membuat hidup kita BERBUAH. Ini juga berarti kapanpun kita melihat sesuatu yang mencurigakan, suatu rencana yang jahat, kita harus berbuat baik dan melawan mereka!

Seperti yang tertulis dalam Efesus 5: 11, “Janganlah turut mengambil bagian dalam perbuatan-perbuatan kegelapan yang tidak berbuahkan apa-apa, tetapi sebaliknya telanjangilah perbuatan-perbuatan itu.”

Orang dunia menggunakan peluang untuk keuntungan duniawi. Tapi kita adalah orang percaya, yang harus menggunakan peluang untuk berbuat baik dan memuliakan nama-Nya

“Janganlah kita jemu-jemu berbuat baik, karena apabila sudah datang waktunya, kita akan menuai, jika kita tidak menjadi lemah.” (Galatia 6:9)

Sumber : ditulis oleh Yungky Setiawan
Halaman :
1

Ikuti Kami