Biar Gak Tekor, Ini 8 Tips Irit Pakai BBM Motor dan Mobil

Finance / 6 July 2022

Kalangan Sendiri

Biar Gak Tekor, Ini 8 Tips Irit Pakai BBM Motor dan Mobil

Lori Official Writer
937

Untuk menunjang aktivitas sehari-hari, khususnya dalam bekerja, kita pasti sangat ketergantungan dengan kendaraan (baik motor maupun mobil).

Sebagian pekerja mungkin perlu menempuh jarak yang cukup jauh dari rumah menuju kantor. Sehingga mau tak mau harus membawa kendaraan pribadi supaya perjalanan lebih efektif. 

Tetapi seiring naiknya bahan bakar minyak (BBM), pekerja pun banyak yang mengeluh karena tingginya pengeluaran untuk bahan bakar. Tentunya alternatif untuk mengubah jenis bahan bakar yang lebih murah adalah cara yang paling tepat untuk dilakukan. Misalnya memilih mengganti BBM kendaraan dari Pertamax menjadi Pertalite. 

Tak semua orang tentunya mau melakukan tindakan ini. Sehingga memilih tetap bayar mahal untuk BBM demi memelihara kondisi mesin kendaraan. Lalu apa cara lain yang bisa dilakukan untuk menghemat BBM motor maupun mobil?

 

Baca Juga: Harga Cabe & BBM Naik? Ngga Perlu Stres , Cuma Perlu Lebih Kreatif

 

Temukan jawabannya melalui penjelasan di bawah ini.

Mobil

Bagi Anda para pengguna kendaraan roda empat, penting sekali untuk melakukan 5 langkah di bawah supaya BBM kendaraan tetap irit.

1. Service berkala

Pastikan mesin mobil selalu berada dalam keadaan prima. Karena itu penting untuk melakukan service mobil secara berkala.

 

2. Tidak berlama-lama memanaskan mesin mobil

Pada saat memanaskan mesin mobil sebelum digunakan, tidak perlu butuh waktu yang terlalu lama. Karena hal itu hanya akan memboroskan BBM mobil. 

Anda perlu tahu bahwa mesin mobil saat ini, rata-rata sudah dirancang dengan waktu pemanasan yang singkat. Anda hanya perlu memanaskan hanya dalam waktu 30 detik hingga 1 menit saja. Maksimal waktu pemanasan adalah ketika putaran mesin sudah kembali ke idle dikisaran 800-900 rpm.

 

3.  Kurangi beban dan barang-barang yang tidak perlu di mobil

Tanpa disadari setiap 100 kilogram barang bawaan di mobil secara rata-rata akan memboroskan konsumsi BBM hingga 1-2 km/liter. Bobol yang berat juga hanya akan memperlambat akselerasi serta memperburuk pengendalian.

Jadi, pastikan untuk membawa barang-barang penting saja di mobil.

 

Baca Juga: Kamu Pengguna Kereta Sebagai Alat Transportasi Umum? Ayo Simak 5 Tips Anti Ribet dan Aman

 

4. Atur suhu AC hanya sesuai kebutuhan

Mengatur suhu AC mobil juga sangat membantu untuk menghemat BBM. Karena semakin rendah suhu AC mobil, semakin besar pula konsumsi BBM-nya. Jadi, aturlah AC sesuai 

 

BACA HALAMAN BERIKUTNYA --->

Sumber : Jawaban.com
Halaman :
12Tampilkan Semua

Ikuti Kami