Harga Cabe & BBM Naik? Ngga Perlu Stres , Cuma Perlu Lebih Kreatif

Finance / 5 January 2017

Kalangan Sendiri

Harga Cabe & BBM Naik? Ngga Perlu Stres , Cuma Perlu Lebih Kreatif

Puji Astuti Official Writer
3479

Masuki tahun baru, bukan kabar gembira yang terdengar tapi malah kabar naiknya harga cabe, harga bbm, pajak kendaraan dan juga biaya listrik. Jangan langsung ngeluh, “Gaji ngga up..up.. tapi semua harga naik!” Memang sih kondisi semakin sulit, tapi mengeluh tidak mengubah keadaan.  Kondisi sulit dan terjepit seharusnya membuat kita lebih kreatif dalam mengatasi masalah, bahkan mungkin hal ini membuka peluang baru buat kamu. 

Lalu apa yang harus kamu lakukan? 

Pertama kenali apa yang membuat kamu stress. Biasanya orang yang stres dalam masalah keuangan disebabkan karena 4 hal ini:

A. Pengeluaran lebih besar dari pemasukan. Biasanya hal ini terkait dengan pola hidup dan cara pengaturan keuanganmu yang tidak terkendali.  Apa lagi kalau kamu pegang lebih dari satu kartu kredit. 

B. Hidup mengandalkan gaji sepenuhnya. Gajimu dalam satu bulan habis untuk memenuhi kebutuhan hidupmu dan juga membayar tagihan. Bahkan untuk hal-hal mendasar seperti odol jika habis harus nunggu gajian bulan depan. 

C. Hutang Hal ini bisa menjadi masalah besar, karena bisa atau tidak bisa hutang harus tetap di bayar. Kartu kredit atau juga kebiasaan buruk seperti belanja berlebihan dan bahkan judi bisa menjadi sumber masalah utama. Ini bisa menjadi sumber konflik dengan keluarga, pasangan bahkan orang-orang terdekatmu. 

D. Kurang memiliki perencanaan keuangan yang baik. Masalah keuangan bisa muncul, karena kita kadang menganggapnya masalah enteng. Kita tidak pernah membuat target untuk memiliki tabungan atau membuat anggaran kebutuhan sehingga dengan mudah kita hanyut oleh keinginan saat menggunakan uang. 

Kedua setelah kamu deteksi nih masalahnya dimana, lakukan perbaikan dalam hal itu. Berikut adalah beberapa hal yang bisa kamu kerjakan : 

1.Tulislah semua pemasukan dan pengeluaranmu. Apakah pemasukan dan pengeluaranmu seimbang atau malah lebih besar pengeluaranmu. Tentukan pengeluaran-pengeluaran yang bisa ditunda, atau bahkan tidak perlu lagi atau dikurangi. 

2.Buatlah anggaran keuangan dan target keuangan untuk tahun 2017 ini. Contohnya adalah: a. Melunasi hutang kartu kredit, b. Menabung Rp.100.000,- sebulan  dan seterusnya. 

3.Setelah memiliki target dan memili daftar pengeluaran dan pemasukan, mulai atur agar dengan jumlah pemasukan yang ada semua bisa tercukupi. Jika tidak cukup, mulai lakukan penghematan, contohnya jika pulsa biasanya 1 bulan Rp.50.000,-  jadi Rp.25.000,- saja. Tentukan hal apa yang sekunder dan bukan hal yang sangat penting, hal tersebut bisa dikurangi atau bahkan tidak perlu untuk beberapa waktu. 

4.Pastikan kamu disiplin dalam menabung dan juga membayar hutang-hutangmu. 

5.Selanjutnya kamu bisa mencari ide untuk menambah pemasukan. Contohnya menjual barang-barang yang tidak terpakai namun masih bagus. Atau kamu bisa berjualan online atau menawarkan jasa dan keahlianmu untuk menambah pemasukan. 

Memang sih realisasinya tidak semudah menuliskannya. Namun kamu pasti bisa. Perkatakan hal-hal positif kepada dirimu sendiri. Belajarlah merasa cukup, karena berapapun jumlah uang yang kamu terima tidak akan pernah membuatmu bahagia kalau kamu tidak belajar merasa cukup dan bersyukur. Selain itu, belajarlah memberi dalam kekuranganmu. Karena ketika kamu belajar memberi dengan penuh sukacita, kamu sedang menabur dan pasti akan menuai. 

Ingat ya, jangan hadapi masalahmu dengan kekuatanmu sendiri. Teruslah bersandar dan berharap pada Tuhan, karena Dialah sumber kekuatan dan juga Allah yang menyediakan segala keperluan kita. Bersama dengan Tuhan kamu pasti bisa menghadapi apapun. 


Sumber : Jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami