Kenapa Laki-laki Umumnya Malas ke Gereja? Ini Jawabannya…

Kata Alkitab / 28 June 2022

Kalangan Sendiri

Kenapa Laki-laki Umumnya Malas ke Gereja? Ini Jawabannya…

Lori Official Writer
786

Banyak orang Kristen yang mungkin bertanya, “Kenapa setiap kali ke gereja jumlah laki-laki yang hadir di gereja selalu lebih sedikit dari perempuan?”

Tenang! Fenomena ini bukan hanya dialami oleh gereja Anda, atau gereja-gereja di kota Anda atau di Indonesia saja tetapi rata-rata gereja di berbagai belahan negara juga mengalaminya.

Dalam sebuah buku berjudul ‘Why Men Hate Going to Church?’, yang ditulis oleh seorang penatua gereja David Murrow, membeberkan alasannya berdasarkan hasil penelitian yang ia lakukan.

Berikut 4 diantaranya:

1. Selama Berabad-abad Gereja Melibatkan Tugas Pelayanan yang Membutuhkan Peran Perempuan

Penulis buku ini menyampaikan bahwa sejak berabad-abad lamanya, gereja tradisional, yang awalnya dibangun oleh para rasul yang notabenenya adalah kaum adam, sudah dibangun dengan beragam pelayanan yang melibatkan peran kaum perempuan. Seperti merawat orang sakit, anak-anak dan kaum wanita. 

Peran pelayanan inilah yang dianggap tepat bagi para kaum perempuan untuk menyalurkan bakat mereka. 

 

Baca Juga: Riset Buktikan Menghadiri Ibadah Bersama Perkuat Hubungan Suami Istri

 

Sementara laki-laki yang cenderung lebih menyukai hal-hal teknis dan berbau fisik seperti perencanaan strategis, olahraga dan kompetisi tidak ada di gereja. Karena itulah kaum laki-laki mulai malas ke gereja jika itu hanya sekadar untuk beribadah saja.

 

2. Laki-laki Tidak Tertarik Dengan Peran Pelayanan yang Membutuhkan Keterampilan Verbal dan Artistik

Gereja membutuhkan orang-orang yang memiliki keterampilan verbal dan artistik. Sementara banyak kaum Adam yang tidak tertarik dengan hal-hal semacam itu. Misalnya menjadi guru Sekolah Minggu yang bisa bersosialisasi dengan banyak orang, mampu berbicara di depan anak-anak dan memiliki keterampilan artistik. 

Sayangnya, tak banyak laki-laki yang mau menghabiskan waktunya untuk hal-hal yang sulit itu. Inilah yang menjadi satu dari beberapa alasan kenapa laki-laki malas ke gereja.

 

Baca Juga: Terbukti! Pasangan Satu Komunitas Gereja Miliki Hubungan Lebih Bahagia

 

3. Suami-suami Merasa Sudah Mewakili Jika Hanya Istri yang Pergi ke Gereja

Sebenarnya tidak pergi ke gereja bukan berarti suami benci Tuhan. Mereka hanya berpikir jika istri mereka yang rajin ke gereja sudah mewakili tanggung jawab sebagai keluarga Kristen.

 

BACA HALAMAN BERIKUTNYA --->

Sumber : Crosswalk.com
Halaman :
12Tampilkan Semua

Ikuti Kami