Ditemukan Kain Kafan Tuhan Yesus, Asli atau Palsu?

Fakta Alkitab / 20 June 2022

Kalangan Sendiri

Ditemukan Kain Kafan Tuhan Yesus, Asli atau Palsu?

Lori Official Writer
1247

Kain kafan Turin merupakan kain kafan yang konon membungkus jasad Yesus dan membekas darah-Nya membentuk citra fisik manusia.

Apakah kain kafan yang ditemukan itu asli atau palsu?

Kain kafan Turin (shroud of Turin) atau kain kafan dari Torino sebenarnya hanyalah kain kafan biasa. Kain kafan berbahan linen ini memiliki panjang 4.36 meter dan lebar 1.1.0 meter.

Kain kafan Turin ini tersimpan di sebuah kapel di Katedral Santo Yohanes Pembaptis di kota Torino, Italia. Namun, yang membuatnya istimewa adalah adanya gambar manusia mirip Yesus yang terlihat jelas pada kain tersebut.

Kain kafan Turin pertama kali diketahui muncul di Lirey, Perancis pada tahun 1349. Saat itu, kain ini berada di kediaman seorang bangsawan asal Perancis bernama Geoffrey de Charny. 

Sebelum sampai di Lirey, Perancis, kain ini diketahui berasal dari Yerusalem setelah sebelumnya melewati Konstantinopel dan Edessa, Turki.

Pada tahun 1898, kain kafan ini dipamerkan di Katedral Santo Yohanes pembaptis di Kota Turin, Italia. Saat pameran itulah, seorang fotografer amatir bernama Secondo Pia diperbolehkan oleh pihak gereja untuk mengambil gambar.

 

Baca Juga: #FaktaAlkitab: Apakah Jasad Yesus Dirempah-rempahi Seperti Jasad Orang Yahudi?

 

 

Saat itu, teknologi pengambilan gambar tentu saja masih sangat sederhana. Sehingga perlu waktu untuk mendapatkan negatif fotonya. 

Tanggal 28 Mei 1898 malam harinya, Pia pun mendapatkan hasil negative foto dari kain yang difotonya di Katedral Turin. Namun Pia kaget mendapati pada kain tersebut tercetak citra sebuah wajah manusia yang mirip Yesus. Bukan hanya itu saja, pada citra tersebut ditemukan juga beberapa luka seperti bekas tusukan paku pada bagian tangan dan kaki. 

Selain itu juga ditemukan luka bekas cambukan pada punggung dan dada serta bagian kepala yang diduga berasal dari mahkota duri. 

Tentu saja terjadi pro dan kontra mengenal keaslian kain kafan tersebut. Polemik mencuat saat uji karbon tahun 1988 yang menyatakan bahwa kain itu dibuat antara tahun 1260 sampai 1390, jauh setelah kematian Yesus. 

Hal ini juga diungkapkan oleh ahli seni Italia, Luciano Buso baru-baru ini. Dia mengatakan bahwa kain yang kini tersimpan di Katedral Turin itu merupakan replica, bukan yang asli. Itu adalah hasil karya seniman abad pertengahan, Giotto. 

Dia menyimpulkan hal ini setelah melakukan penelitian selama berbulan-bulan terhadap foto kain kafan tersebut. Ia tidak bisa menyentuh kain tersebut secara langsung karena kain tersebut tidak akan dikeluarkan kecuali ada acara khusus yang digelar.

 

Baca Juga: Fakta Alkitab: Terungkap! Inilah Saudara Kandung Yesus dan Pekerjaan Mereka

 

Namun dasar teorinya didasarkan adanya angka 15 yang terselubung di kain tersebut. Menurutnya, itu adalah indikasi Giotto membuatkan tiruan itu pada tahun 1315. Kemungkinan besar bukti yang paling kuat yang menentang keaslian Kain Kafan itu adalah ketidakcocokan antara prosedur pemakaman menurut Teori Kain Kafan itu dengan keterangan Perjanjian Baru mengenai pemakaman Kristus.

 

BACA HALAMAN BERIKUTNYA --->

Sumber : Jawaban Channel
Halaman :
123Tampilkan Semua

Ikuti Kami