Tahukah Anda 6 Fungsi Gereja? Pelajari di Sini Yuk…

Kata Alkitab / 17 June 2022

Kalangan Sendiri

Tahukah Anda 6 Fungsi Gereja? Pelajari di Sini Yuk…

Lori Official Writer
1896

Kenapa kita harus berkumpul setiap hari minggu untuk menyembah Tuhan dan mendengarkan firman-Nya? Kenapa kita tidak beribadah, membaca Alkitab dan mendengar khotbah secara online saja di rumah?

Satu-satunya alasan kenapa kita harus berkumpul di satu gedung setiap minggu karena satu alasan yaitu orang percaya tidak bisa bertumbuh sendirian tanpa persekutuan dengan orang percaya lainnya. Ini adalah gaya hidup orang Kristen dan pertemuan sekali dalam seminggu merupakan kesempatan bagi orang Kristen untuk dibangun di dalam spirit dan pemahaman yang sama tentang Tuhan.

Mungkin belum semua orang Kristen paham kenapa Tuhan menciptakan gereja dan apa tujuannya bagi orang-orang percaya sampai di masa ini. 

Sebagian dari kita mungkin datang ke gereja karena itulah standar yang dibuat oleh orang Kristen kepada orang Kristen lainnya. Atau kita terdorong untuk hadir di gereja karena kita diingatkan dengan ayat Ibrani 10: 25 supaya kita tidak menjauhkan diri dari perkumpulan orang-orang percaya lainnya. Tetapi benarkah dua hal ini jadi alasan yang tepat untuk datang ke gereja?

 

Mari membahas hal ini melalui kaca mata Alkitab. 

Faktanya, Ibrani bukan satu-satunya kitab yang memerintahkan orang percaya untuk bersekutu bersama. Tetapi di Yohanes 13: 34, Alkitab menyampaikan bahwa orang percaya harus saling mengasihi satu sama lain. Artinya, perlunya para murid untuk mengasihi murid (orang percaya) lain secara timbal balik. Ini adalah ciri khas dari kehidupan orang percaya.

Saling mengasihi bukan tindakan yang dilakukan secara tidak sengaja. Seperti saat kita bertemu dengan seseorang yang kita kenal di tempat perbelanjaan atau di suatu tempat. Tetapi orang-orang percaya di dalam Alkitab bertemu satu sama lain karena disengaja atau dijadwalkan secara teratur. 

Jadi orang Kristen harus memiliki persekutuan yang teratur dengan orang Kristen lainnya. Dengan dasar kasih yang kita miliki satu sama lain, kita akan dimampukan untuk berkorban dan mengutamakan orang terdekat kita (Galatia 6: 10). Supaya kita tergerak untuk membantu, kita perlu mengenal dan menyaksikan bagaimana kehidupan mereka dan apa kebutuhan mereka.

Galatia 5: 13 juga menyampaikan supaya orang percaya saling melayani. Tuhan menghendaki kita untuk terlebih dahulu melayani di antara sesama orang percaya karena kita harus memastikan orang terdekat lebih dulu merasakan kasih kita.

Yohanes juga menekankan bahwa persekutuan orang percaya bukan tentang bersekutu dengan orang-orang yang tidak percaya. Dan dia meminta untuk menerima satu sama lain (Roma 15: 7), bermurah hati, berbelas kasihan dan saling memaafkan (Efesus 4: 32). 

Perjanjian Baru memberitahu kita bahwa salah satu teladan hidup orang-orang percaya mula-mula adalah hidup dalam persekutuan satu sama lain; sama-sama beribadah, belajar firman dan berbagi kehidupan (Kisah Para Rasul 2: 41-47).

Melalui pelayanannya, Paulus mendirikan banyak gereja dan membangun jemaatnya untuk saling mengasihi. Di 1 Tesalonika 4: 18, dia memerintahkan orang-orang percaya untuk saling mendukung dan membangun dan saling menunjukkan kasih dan perbuatan baik (Ibrani 10: 24). 

 

BACA HALAMAN BERIKUTNYA --->

Sumber : Jawaban.com
Halaman :
123Tampilkan Semua

Ikuti Kami