Ini Lho 4 Gaya Hidup Daud yang Bisa Anak Teladani

Relationship / 14 June 2022

Kalangan Sendiri

Ini Lho 4 Gaya Hidup Daud yang Bisa Anak Teladani

Contasia Christie Official Writer
762

Siapa sih yang tidak kenal dengan tokoh Alkitab yang bernama Daud? Biasanya anak-anak akan suka sekali dengan kisahnya saat Daud berhasil mengalahkan Goliat. Tahukah Anda bahwa banyak hal yang bisa anak pelajari dan teladani dari sikap Daud?

Daud sering berada di padang rumput untuk memberi makan kambing dombanya. Saat ia menggembalakan domba, ia biasanya sambil memuji dan memuliakan nama Tuhan lewat kecapi. Gaya hidupnya dalam Ibrani 11 ini bisa menjadi contoh bagi anak agar mereka hidup berakar dalam Tuhan.

 

1. Mengasihi dan mengenal Tuhan

Daud sangat mengasihi Tuhan. Dalam keadaan apapun dia memuji Tuhan -- bermain musik, menari, menulis mazmur. Dia selalu mengingat Tuhan dan melakukan hal-hal yang membuat dirinya lebih mengenal Tuhan. Banyak pujian dan doa yang ditulis oleh Daud di dalam kitab Mazmur.

 

2. Tidak membatasi diri dengan keadaan fisik dan percaya kepada pertolongan Tuhan

Ketika Goliat menantang tentara Israel dan tidak ada satupun yang berani, Daud dengan gagah berani melawan si raksasa. Dia sama sekali tidak takut karena dia tahu pertolongan Tuhan itu nyata. Dia mempercayakan hidupnya sepenuhnya ke tangan Tuhan.

 Baca juga : Rusak Rumah Ibadah Dengan Vandalisme? Tanamkan 3 Sikap Menghargai Perbedaan Ini ke Anak

 

 

3. Mudah mengampuni dan tidak dendam

Saul berusaha mengejar dan membunuh Daud ketika mengetahui Daud akan menggantikannya sebagai raja. Namun Daud mengampuni perbuatan Saul. Bahkan ketika Daud sudah menjadi raja, dia tidak menyimpan dendam kepada keturunan Saul. Malahan dia memenuhi segala kebutuhan Mefiboset yang adalah cucu Saul.

 

4. Rendah hati mengakui dosa

Menyadari kesalahan di hadapan orang lain adalah sesuatu yang sangat sulit. Namun 2 Samuel 12:13 mengatakan Daud mengakui bahwa ia telah berbuat dosa.

 

Mari ajak anak untuk mengikuti cara hidup Daud agar hubungan pribadinya dengan Tuhan semakin kokoh.

Sumber : Superbook Indonesia
Halaman :
1

Ikuti Kami