Harus Operasi, Apakah Hernia Bisa Disembuhkan?

Health / 10 June 2022

Kalangan Sendiri

Harus Operasi, Apakah Hernia Bisa Disembuhkan?

Aprita L Ekanaru Official Writer
2211

Hernia yang familiar kita dengar dengan sebutan turun berok adalah sebuah benjolan yang muncul akibat keluarnya organ dalam tubuh melalui jaringan di sekitarnya yang melemah. Jika dibiarkan tidak tertangani, hernia bisa menyebabkan aliran darah tersumbat sehingga terjadi kematian jaringan. Penyebab hernia pun sangat bervariasi seperti:

  • Pertambahan usia atau penuaan
  • Sering mengangkat beban berat
  • Menjalani operasi perut
  • Berat badan berlebih atau obesitas
  • Batuk kronis
  • Sembelit

Selain kondisi di atas, ada faktor-faktor yang dapat meningkatkan risiko seseorang menderita hernia, antara lain:

  • Terlahir prematur atau memiliki berat badan lahir rendah
  • Memiliki keluarga yang menderita hernia
  • Mengalami peningkatan tekanan dalam dinding perut akibat kehamilan
  • Pernah menjalani operasi perbaikan hernia

Cara mengatasi hernia juga tergantung pada jenisnya. Terkadang dokter hanya meresepkan obat-obatan sja, namun bisa juga sampai harus menjalankan tindakan operasi. Hal ini juga dialami Rea Christian (8 tahun) di Desa Darit, Kalimantan Barat.

 

BACA JUGA: Kisah Haru Dibalik Operasi Massal Hernia Gratis

 

Sejak lahir ia menderita hernia inguinalis, hal itu dikatakan oleh dokter yang memeriksanya ketika Rea berusia sekitar 4 hari. Dokter mengatakan, jika orang tua Rea ingin hernia itu dioperasi, mereka harus menunggu setidaknya sampai Rea berusia 4 tahun. 

Lunas (50 thn) ayah Rea bekerja sebagai tukang parkir di pasar lokal di dekat desa mereka dan ibunya Fransiska (48 thn) lebih sering tinggal di rumah karena asma dan penyakit gondok yang dideritanya. Dengan kondisi ini, sulit rasanya bisa menyediakan dana operasi hernia untuk Rea.

 

BACA HALAMAN SELANJUTNYA >>

Hernia Rea sering membengkak setiap kali ia melakukan terlalu banyak aktivitas fisik. Terlalu lelah atau kapan pun ia makan terlalu kenyang juga bisa membuat hernianya membengkak hingga sebesar bola bisbol, hal ini membuat Rea demam dan merasa sangat kesakitan. Selain harus menahan rasa sakit, Rea juga dibully oleh teman-teman saat hernianya kambuh. Mereka mengejek Rea dengan kata-kata yang tidak pantas dan hal itu sering membuat ibunya merasa sedih.

Rea adalah salah satu anak didik di tempat belajar afterschool OBI di Desa Darit, Kalimantan Barat. Di sini Rea belajar matematika, Bahasa Inggris, dan aktivitas lainnya. Rea belajar di sekolah afterschool OBI setiap hari Selasa, Kamis dan Jumat.

 

BACA JUGA: Di Solo, 71 Penderita Hernia Dioperasi Secara Gratis Oleh OBI

 

Mengetahui OBI melakukan operasi gratis lewat program LCS (Life Changing Surgery), Ibu Fransiska memberi tahu tentang kondisi Rea sesungguhnya. Setelah menjalani beberapa tahap pemeriksaan, OBI memutuskan untuk membiayai operasi hernia untuk Rea dan telah dilakukan pada 14 Februari 2022 di rumah sakit Vincentius Singkawang.

Saat ini Rea sudah pulih total. Ia sudah bisa belajar dan bermain dengan teman-temannya tanpa terganggu oleh penyakit hernia yang sebelumnya ia derita.

Sumber : www.oborberkat.com
Halaman :
Tampilkan per Halaman

Ikuti Kami