Fakta Alkitab: Rasul Paulus Menoleransi Penyembah Berhala di Kota Atena?

Fakta Alkitab / 10 May 2022

Fakta Alkitab: Rasul Paulus Menoleransi Penyembah Berhala di Kota Atena?

Claudia Jessica Official Writer
594

Menurut legenda, dewan-dewan ini memang melakukan sidang di Bukit Ares pada masanya, namun pada masa Paulus di sidang, bukit itu hanya dibuka untuk kasus pembunuhan. Sementara kasus-kasus lainnya telah dialihkan ke Basilika Stoa.

Dalam pengamatan Paulus terhadap orang-orang yang berkumpul di Areopagus, dirinya sadar bahwa orang Atena memiliki keterbukaan terhadap berbagai ajaran (Kis. 17:21). Sikap ini tidak lepas dari posisi Atena sebagai kota pengetahuan.

 

BACA JUGA: Kenapa Rasul Paulus Selalu Mengawali Suratnya Dengan ‘Kasih Karunia dan Damai Sejahtera’

 

Menghargai Keyakinan Orang Lain

Saat menyampaikan pendapat di Areopagus, Paulus menyebut penduduk Atena sebagai orang-orang yang “sangat beribadah kepada dewa-dewa” (Kis. 17:22). Kata ini bermakna positif atau religius.

Paulus memahami bahwa allah yang disembah orang Atena sebenarnya bukan allah (Gal. 4:8). Objek yang mereka sembah sebenarnya adalah roh-roh jahat (1 Kor. 10:20-21). Di mata orang Atena, objek penyembahan adalah allah atau dewa yang patut disembah. Maka dari itu, Paulus memulai awal penginjilannya dengan objek penyembahan ini.

Menyebut “allah yang tidak dikenal” adalah cara Paulus memperkenalkan Allah yang menciptakan langit dan bumi, yakni Allah yang ia kenal dalam pribadi Yesus Kristus.

Allah mengurapi pemberitaan Injil yang Paulus lakukan di Atena. Hasilnya, banyak dari mereka yang percaya, salah satunya adalah seorang anggota majelis Areopagus (Kis. 17:34).

Dari kisah Paulus di Atena, dapat kita lihat bahwa Paulus tidak gegabah dalam menyampaikan Kabar Baik. Paulus tidak menghakimi suatu kelompok yang memiliki keyakinan berbeda dengannya, melainkan mengedepankan toleransi dalam pemberitaan Injil.

Bagaimana dengan cara Anda dalam membangun toleransi dengan mereka yang berbeda dari Anda? Ceritakan di kolom komentar ya!

Sumber : jawaban channel
Halaman :
12Tampilkan Semua

Ikuti Kami