Siapakah yang Menulis Alkitab? Manusia atau Allah Sendiri? Part 1
Sumber: pexels

Kata Alkitab / 4 May 2022

Kalangan Sendiri

Siapakah yang Menulis Alkitab? Manusia atau Allah Sendiri? Part 1

Contasia Christie Official Writer
4052

Lalu bagaimana kita tahu bahwa isinya diilhami oleh Roh Kudus? Petrus, Paulus, dan para penulis Perjanjian Baru setuju dengan Yesus: Alkitab adalah Firman Allah berdasarkan pelayanan-Nya melalui orang-orang pilihan untuk menyatakan maksud-Nya (2 Petrus 1:21, 2 Timotius 3:16). Berarti apakah kalau diilhami, Allah secara mekanis menggerakkan tangan setiap penulis Alkitab? Tidak seperti itu.

Jadi Firman Tuhan ini datang kepada mereka melalui kepribadian, keadaan, tantangan, suka dan duka bersama orang-orang seperti kita. Sama seperti Allah yang mengutus anak-Nya yang tunggal untuk menjalani kehidupan seperti manusia biasa, lalu wafat dan bangkit pada hari yang ketiga. Dia mengungkapkan firman-Nya dengan cara yang mudah kita pahami.

Oleh karena itu, para pengkhotbah Injil tidak diilhami atas kemauan mereka sendiri. Tetapi Roh Kuduslah yang menerangi pikiran mereka sehingga mereka dapat mewartakan Firman Allah yang diilhami.

 

Jadi, apakah Allah menulis isi Alkitab melalui manusia?

Jawabannya, ya. Tuhan menggunakan manusia untuk menyampaikan firman-Nya sendiri. Tentu saja sebenarnya Allah bisa berbicara secara langsung/ segera. Tapi Allah mengunakan manusia agar bahasa yang disampaikan sesuai dengan pemahaman kita sebagai manusia dan mudah dipahami, sesuai dengan ilham dari Roh Kudus.

Jadi siapa sajakah penulis Alkitab? Simak pembahasannya pada part berikutnya.

Sumber : biblestudytools.com (Michael A. Milton, PhD - University of Wales; MPA, UNC Chapel Hill; MDiv, Knox Seminary)
Halaman :
12Tampilkan Semua

Ikuti Kami