Pakai Microwave Memang Praktis, Tapi Kamu Harus Berhati-hati Dengan 7 Hal Ini

Health / 28 April 2022

Pakai Microwave Memang Praktis, Tapi Kamu Harus Berhati-hati Dengan 7 Hal Ini

Claudia Jessica Official Writer
590

Perkembangan teknologi membuat banyak pekerjaan kita menjadi mudah. Salah satunya adalah microwave yang serbaguna.  Hanya dengan menekan beberapa tombol, microwave akan bekerja untuk menghangatkan makanan, memasak beberapa makanan dengan sangat mudah.

Kepraktisan yang ditawarkan ini membuat banyak orang memilih untuk menggunakan microwave. Tapi tahukah Anda, microwave tidak bisa dipakai begitu saja. Ada beberapa hal yang harus diwaspadai karena kesalahan kecil dapat menimbulkan celaka. Perhatikan beberapa hal berikut:

 

1. Hindari Radiasi Microwave

Jangan sekali-kali Anda menggunakan microwave sembari menunggu di depannya karena hal ini dapat membahayakan kesehatanmu. Radiasi yang terpancar dari microwave dapat menyebabkan beberapa gangguan kesehatan seperti katarak, dan merusak lensa mata. Bahkan dapat menyebabkan kemandulan bagi pria apabila radiasi yang dipancarkan dari microwave ke bagian bawah tubuh.

 

2. Jangan masak sayuran berklorofil

Salah satu tujuan kita memakan sayuran tentu karena nutrisi yang terkandung di dalamnya bukan? Jika demikian, jangan sekali-kali memasak atau menghangatkan sayur berklorofil dengan microwave karena dapat mengurangi hingga menghilangkan nutrisi yang terkandung dalam sayur tersebut.

 

3. Jangan menghangatkan ASI

Menghangatkan ASI dengan microwave cenderung mengurangi nutrisi yang terkandung di dalamnya. Bahkan yang terburuk, microwave dapat memunculkan bakteri E-Colu 18 kali lebih banyak daripada dipanaskan dengan cara yang lain.

 

BACA JUGA: Ini Bahaya Pakai Wadah Plastik Panaskan Makanan di Microwave, Yuk Jangan Dibiasakan Ya!

 

4. Jangan gunakan alumunium foil

Tak jarang pengguna microwave membungkus makanan dengan alumunium foil. Padahal aluminium foil ini cukup berbahaya karena dapat memicu percikan api.

 

5. Yang harus diperhatikan saat mencairkan daging beku

Gunakanlah wadah yang aman dan tahan panas, serta tutup wadah dengan penutup yang tidak bersentuhan langsung dengan daging. Anda harus pastikan tidak ada cairan daging yang keluar dari wadah tersebut untuk mencegah daging terkontaminasi bakteri.

 

BACA HALAMAN SELANJUTNYA -->

Sumber : jawaban.com
Halaman :
12Tampilkan Semua

Ikuti Kami