Biar Anak Fasih Berdoa, Yuk Mulai Dengan Kebiasaan Keluarga Ini
Sumber: unsplash

Parenting / 25 April 2022

Kalangan Sendiri

Biar Anak Fasih Berdoa, Yuk Mulai Dengan Kebiasaan Keluarga Ini

Lori Official Writer
1540

Melihat keberanian anak untuk berdoa pasti akan jadi kebanggaan tersendiri bagi orang tua. Tetapi kemampuan ini tidak langsung dimiliki anak lho! 

Anak bisa fasih berdoa ketika keluarga memang sudah terbiasa untuk berdoa di rumah. Hal ini bisa dimulai sedari dini dengan melakukan 5 kebiasaan ini:

1. Waktu Makan dan Waktu Tidur

Momen makan bersama di pagi hari bisa jadi kesempatan bagi anak-anak untuk berlatih berdoa. Berilah contoh doa yang sederhana kepada anak secara teratur setiap hari dan setelah mereka sudah terbiasa, minta keluarga berdoa secara bergiliran.

Selain itu, saat-saat tenang sebelum tidur juga bisa jadi waktu yang tepat untuk berlatih berdoa dengan anak-anak. Sama halnya dengan saat makan di pagi hari, anak juga bisa diminta untuk berdoa sebelum tidur.

 

2. Membaca atau Menghafal Doa

Bagi anak-anak, membacakan atau menghafal doa bisa jadi langkah untuk melatih mereka merangkai kata-kata yang baik saat berdoa. 

Dalam hal ini, sebagai langkah awal orang tua bisa membeli buku yang berisi kumpulan doa untuk anak. Atau dengan membuat format doa yang Anda buat sendiri dan meminta anak untuk berdoa sesuai dengan isi doa yang Anda ajarkan.

Pastinya ini hanyalah langkah awal supaya anak bisa terbiasa berdoa. Jika anak sudah mulai tumbuh besar, ada baiknya bagi orangtua untuk mulai mendorong mereka berdoa dengan kata-kata mereka sendiri.

 

3. Menulis Doa Sendiri

Sama dengan membaca atau menghafalkan doa, menulis doa bisa jadi kebiasaan keluarga yang akan melatih anak dalam doa.

Misalnya, sediakanlah sebuah kertas atau buletin doa yang bisa dipajang di rumah. Lalu setiap anggota keluarga bisa menulis doanya masing-masing setiap hari di sana. Dorong anak untuk mengungkapkan apa yang perlu mereka sampaikan dalam doa mereka. 

Pastikan untuk selalu memberikan pujian atas apapun yang anak tuliskan.

 

4. Doa Spontan

Ini mungkin cara paling ampuh yang bisa Anda ajarkan kepada anak. Bantulah anak untuk terbiasa berdoa dengan memberikan contoh doa sederhana di rumah. Berdoa secara spontan baik untuk doa makan, doa permohonan atau doa tidur.

Pakailah bahasa-bahasa yang sederhana setiap kali berdoa, supaya anak belajar untuk memakai bahasa yang ia ketahui.

 

5.  Doa Secara Rutin

Tunjukkan kepada anak bahwa doa adalah kebutuhan yang tidak bisa dipisahkan dari keluarga. Dengan kata lain, keluarga harus berdoa secara rutin setiap hari.

Hal ini akan memberi anak pemahaman bahwa doa bukanlah pilihan, tetapi keharusan yang dilakukan oleh setiap anggota keluarga setiap hari.

Tentunya orang tua harus jadi teladan lebih dulu, sehingga anak akan mengikuti dan terdorong untuk berdoa. 

Orang tua adalah pendukung terbaik bagi anak untuk mengalami pertumbuhan rohani. Membiasakan untuk berdoa setiap hari bisa jadi awal yang baik bagi anak untuk mengalami Tuhan dalam hidupnya. Mari mulai kebiasaan-kebiasaan baik ini yuk parents!

Sumber : Jawaban
Halaman :
1

Ikuti Kami