Biar Anak Perempuanmu Tangguh Kayak Kartini, Ajarkan Dia 4 Hal Ini

Biar Anak Perempuanmu Tangguh Kayak Kartini, Ajarkan Dia 4 Hal Ini

Lori Official Writer
760

Bukan hanya anak laki-laki saja yang harus hidup tangguh. Tapi anak perempuan juga perlu memiliki ketangguhan dalam kepribadiannya.

Hal ini penting bukan hanya untuk membuat anak perempuan tidak manja dan menjadi tergantung dengan orang lain, tapi juga memperlengkapi mereka untuk menemukan memastikan bahwa dia mampu menghadapi berbagai tantangan dalam hidup setelah beranjak dewasa.

Untuk itulah orangtua berperan untuk mengawasi dan mengajarkan kepada anak-anak perempuannya tentang bagaimana menyikapi berbagai keadaan dalam hidupnya, mulai dari emosi, bakat, keinginan dan sebagainya.

Ada 4 hal yang orangtua perlu ajarkan ke anak perempuan untuk membentuk dia menjadi pribadi yang tangguh diantaranya:

1. Sampaikan Pujian Bukan Hanya Soal Penampilannya

Perempuan kerap kali mendapat stigma bahwa untuk mendapatkan pujian dia harus memiliki penampilan yang cantik.

Inilah pengaruh pola asuh yang salah terhadap seorang anak perempuan.

Sebagai orangtua, jangan biarkan anak perempuannya hanya berfokus pada penampilan luarnya saja. Tetapi bangunlah karakter yang kuat dari dalam dirinya. Seperti memberi pujian ketika dia melakukan tindakan baik kepada orang lain. Atau dia bisa berhasil mendapatkan juara di kelas setiap semester, itu akan mendobrak pola pikirnya bahwa perempuan bukan hanya mendapat pujian karena penampilan mereka. Tapi juga karena sesuatu yang baik di dalam diri mereka.

2. Ajarkan untuk mengontrol emosinya

Banyak orangtua dengan cepat memberi tahu anak-anaknya untuk tenang atau berhenti kuatir.

Yang lainnya bisa dengan cepat mengatur emosi anak-anaknya.

Saat anak merasa bosan atau sedih, orangtua menghibur mereka. Akibatnya, anak tidak akan belajar bagaimana cara untuk mengatur emosi mereka sendiri.

Faktanya, penelitian menunjukkan 60% mahasiswa mengatakan kalau mereka tidak punya keterampilan emosional untuk menghadapi kehidupan setelah sekolah menengah.

Supaya anak perempuanmu mandiri, cobalah untuk mengajarkan supaya dia proaktif dalam menghadapi perasaan atau emosi yang dia alami. Bagaimana cara menenangkan diri saat marah atau saat sedang bosan.

Ada banyak cara yang bisa anak perempuan lakukan untuk mengontrol emosinya diantaranya bisa lewat mendengar musik atau berolahraga.

3. Jangan paksa anak untuk melakukan sesuatu

Ya, kita semua harus melakukan banyak hal yang tidak kita inginkan dalam hidup. Tapi kita melakukannya untuk alasan yang baik.

Sebagai orangtua, sangat disarankan untuk berhati-hati menekan putrimu melakukan hal-hal yang dia tidak sukai. Sebisa mungkin berikan alasan yang masuk akal kenapa dia melakukannya. Karena dengan itu, anak akan belajar untuk menghargai apa yang orang lain minta untuk mereka lakukan dan mengatakan tidak untuk hal yang seharusnya tidak mereka lakukan.


Baca Juga: 

Inilah 8 Pengorbanan Terbesar yang Dilakukan Orangtua Demi Anak-anaknya

Anak Membutuhkan Seorang Pemimpin, Bukan Bodyguard


4. Berikan kebebasan untuk menemukan bakatnya

Memberikan kebebasan melakukan yang anak sukai akan memberikannya kesempatan untuk menguasai tantangan. Hal inilah yang akan meningkatkan harga diri dan ketahanannya.

Dorong juga anak untuk menghadapi tantangan dari pilihan yang dia ambil sendiri. Karena dengan itu, dia belajar untuk memecahkan masalahnya sendiri.

Yuk ajarkan anak perempuanmu soal kisah Kartini dan dorong mereka untuk percaya diri tampil memberikan pengaruh bagi dunia.

Sumber : Jawaban.com

Ikuti Kami