Mengiringi Prapaskah, Inilah Seluk Beluk Seputar Minggu Palma yang Perlu Anak Ketahui

Parenting / 11 April 2022

Kalangan Sendiri

Mengiringi Prapaskah, Inilah Seluk Beluk Seputar Minggu Palma yang Perlu Anak Ketahui

Contasia Christie Official Writer
587

Umat Katolik dan beberapa umat Kristiani kemarin di hari Minggu baru saja merayakan Minggu Palma. Salah satu rangkaian kegiatan Pra Paskah yang merayakan saat Tuhan Yesus masuk ke Yerusalem. Ketika itu, Yesus menaiki seekor keledai dan disambut oleh banyak orang dengan daun palem. Tapi sayangnya saat itu, banyak orang yang salah kaprah dengan kedatangan Tuhan Yesus ke dunia. Lho kok bisa? Simak bahasannya di bawah ini.

 

Apa itu Minggu Palma?

Minggu Palma adalah hari Minggu sebelum Paskah yang mewakili Pekan Suci. Hari itu adalah hari dimana kita mengingat dan merayakan saat dimana Yesus memasuki Yerusalem dengan menaiki seekor keledai. Orang-orang berbondong-bondong datang dan menyambut-Nya bak raja dengan meletakkan cabang-cabang pohon palem dan jubah mereka. Banyak orang berteriak, “Dan orang banyak yang berjalan di depan Yesus dan yang mengikuti-Nya dari belakang berseru, katanya: "Hosana bagi Anak Daud, diberkatilah Dia yang datang dalam nama Tuhan, hosana di tempat yang mahatinggi!” – Matius 21: 9.

 Baca juga : Apa Pandangan Kristen Tentang Hukuman Mati Seperti yang Dialami Yesus?

 

Hal yang perlu diketahui tentang Minggu Palma

1. Proses yang Tuhan Yesus lalui adalah semua hal yang penting ( Yohanes 12:12-19 , Markus 1:1-11 , Matius 21:1-11 , Lukas 19:28-44 )

2. Yesus menggenapi nubuatan tentang Mesias dalam Zakharia 9.

3. Minggu Palma menandai perjalanan Yesus yang rendah hati dan penuh kemenangan menuju pengorbanan dan Salib-Nya.

 

Mengapa Yesus memasuki Yerusalem dengan menggunakan keledai?

Di dunia Timur Tengah kuno, para pemimpin menunggang kuda jika mereka berperang, tetapi keledai jika mereka datang dalam damai. Seperti dalam 1 Raja-raja 1: 33, Salomo mengendarai keledai saat ia diakui sebagai raja baru Israel. Contoh lain pemimpin yang menggunakan keledai tercatat dalam  Hakim-hakim 5:10 ; 10:4; 12:14; dan 2 Samuel 16:2.

 Baca juga : Biar Mudah Dimengerti Anak, Pakai Cerita Paskah yang Singkat & Lengkap Ini

 

Mengapa orang-orang berkata “Hosana” saat Yesus masuk dalam Yerusalem?

Istilah ini berasal dari bahasa Ibrani dan diserukan oleh orang-orang ketika Yesus memasuki Yerusalem. Akar dari istilah ini ada dalam Mazmur 118:25 - Ya TUHAN, berilah kiranya keselamatan! Ya TUHAN, berilah kiranya kemujuran! Kata Ibraninya yasha (selamatkan) dan anna (memohon atau mengemis), jadi jika diterjemahkan menjadi kata Hosana. Hosana secara harafiah bisa diartikan, “Saya memohon, tolong selamatkan saya!” atau “Tolong selamatkan kami!”

Mereka yang datang mengakui Yesus sebagai Mesias sebagaimana terlihat dari julukan-Nya “Anak Daud”. Dengan berseru, "Hosana!" maka kerumunan orang itu sedang berseru minta diselamatkan, dan memanglah demikian tujuan Yesus datang ke bumi. Dalam kurun waktu seminggu dari hari itu Yesus akan disalibkan.

 

Mengapa ada orang yang merayakan Minggu Palma ini?

Hari itu beberapa orang memandangnya sebagai hari yang luar biasa. Mereka mengira bahwa Mesias telah datang untuk membangun kembali kekuatan Israel di dunia. Tapi Tuhan punya kehendak lain. Bahkan para murid juga memiliki kesalahpahaman, mereka mengira Yesus akan datang menjadi raja duniawi. Apalagi saat banyak orang berkata Hosana. Mereka ingin diselamatkan dari penindasan politik dan kekuasaan Romawi.

 

Justru saat itulah Tuhan Yesus datang ke dunia untuk menyatakan dirinya Raja diatas segala raja dan seorang Mesias. Yesus datang ke dunia memang untuk menyelamatkan umat manusia, namun bukan berhubungan dengan menjadi raja secara duniawi. 

Sumber : crosswalk
Halaman :
1

Ikuti Kami