7 Fakta yang Perlu Orang Kristen Tahu Soal Bahasa Roh

Kata Alkitab / 4 April 2022

7 Fakta yang Perlu Orang Kristen Tahu Soal Bahasa Roh

Lori Official Writer
2498

Fakta 3: Tidak ada bukti bahwa bahasa roh dalam Kisah Para Rasul 2 bertujuan untuk penginjilan

Bayangkan betapa suksesnya para missionaris jika mereka tidak perlu belajar bahasa untuk menjangkau masyarakat berbahasa tertentu jika Roh Kudus bisa menginpartasikan kepada mereka bahasa yang berlaku di daerah tersebut.

Tampaknya peristiwa seperti yang terjadi di Hari Pentakosta tidak selalu terjadi. Tuhan tampaknya tidak bekerja dengan cara yang sama setiap waktu.

Bahasa lidah tidak selalu bertujuan untuk melakukan penginjilan seperti yang dialami oleh para rasul.

Bukti lain yang memperkuat fakta ini adalah ada banyak kisah pertobatan di dalam Alkitab yang tidak melibatkan bahasa roh. 

 

Baca Juga: 3 Hal yang Terjadi Saat Roh Kudus Sedang Bekerja Atas Seseorang

 

Fakta 4: Bahasa roh merupakan cara orang percaya membangun dan memperkuat iman

Paulus menyampaikan bahwa orang yang berbahasa roh juga merupakan bentuk komunikasi kepada Allah. 

“Siapa yang berkata-kata dengan bahasa roh, tidak berkata-kata kepada manusia, tetapi kepada Allah. Sebab tidak ada seorangpun yang mengerti bahasanya; oleh Roh ia mengucapkan hal-hal yang rahasia.” (1 Korintus 14: 2)

Ini berarti bahasa roh adalah salah satu bentuk doa (1 Korintus 14: 14), bentuk pujian (1 Korintus 14: 15) dan cara kita bersyukur kepada Tuhan (1 Korintus 14: 16-17).

Dengan hal ini, bahasa roh menjadi cara kita untuk membangun atau memperkuat iman kita. 

“Siapa yang berkata-kata dengan bahasa roh, ia membangun dirinya sendiri, tetapi siapa yang bernubuat, ia membangun Jemaat.” (1 Korintus 14: 4)

“Akan tetapi kamu, saudara-saudaraku yang kekasih, bangunlah dirimu sendiri di atas dasar imanmu yang paling suci dan berdoalah dalam Roh Kudus.” (Yudas 1: 20)

“Tetapi kepada tiap-tiap orang dikaruniakan penyataan Roh untuk kepentingan bersama.” (1 Korintus 12: 7)

 

Baca Juga: [VIDEO] #KataAlkitab: Peran Roh Kudus dalam Kehidupan Orang Kristen

 

Fakta 5: Bahasa roh yang ditafsirkan bermanfaat untuk membangun seperti nubuatan

“Aku suka, supaya kamu semua berkata-kata dengan bahasa roh, tetapi lebih dari pada itu, supaya kamu bernubuat. Sebab orang yang bernubuat lebih berharga dari pada orang yang berkata-kata dengan bahasa roh, kecuali kalau orang itu juga menafsirkannya, sehingga Jemaat dapat dibangun.” (1 Korintus 14: 5)

Nubuatan biasanya bersifat membangun orang lain. Hal serupa juga terjadi dengan bahasa roh. Saat seseorang berbahasa roh dan bahasa itu bisa ditafsirkan artinya, maka bahasa roh itu bertujuan untuk menguatkan dan mengajar umat Tuhan.

 

 

BACA HALAMAN BERIKUTNYA --->

Sumber : Crosswalk.com | Jawaban.com
Halaman :
123Tampilkan Semua

Ikuti Kami