Bangun Hubungan yang Sehat dengan Orang di Sekeliling Anda Lewat 4 Kebiasaan Ini

Relationship / 24 March 2022

Bangun Hubungan yang Sehat dengan Orang di Sekeliling Anda Lewat 4 Kebiasaan Ini

Claudia Jessica Official Writer
838

Hubungan yang kuat adalah kunci dari kehidupan yang bahagia. Faktanya ada beragam jenis manusia dengan sifat dan karakternya, namun yang terpenting adalah bagaimana kita bisa mengasihi mereka seperti yang Yesus ajarkan.

Paulus memahami hal ini. Ketika dia menulis suratnya dalam kita Filipi, dia memberikan contoh empat kebiasaan rasional yang akan membuat hubungan kita lebih bahagia dan menyenangkan.

 

#1 Kita harus berterima kasih kepada orang-orang yang ada di dalam hidup kita

Studi demi studi menunjukkan bahwa rasa syukur terkait dengan kebahagiaan. Hubungan yang sehat dan bahagia dimulai dengan rasa syukur. Kendati demikian, rasa syukur tidak datang begitu saja.

Biasanya kita cenderung berpikir apa yang bisa dilakukan orang lain untuk kita. Tetapi hal itu bukanlah yang Paulus contohkan. Dalam Filipi 1:3 dia menulis, “Aku mengucap syukur kepada Allahku setiap kali aku mengingat kamu” (TB).

Paulus melewati berbagai proses ketika merintis gereja di Filipi. Faktanya Paulus mengalami dicambuk, dipermalukan, ditangkap secara paksa, hingga dijebloskan kedalam penjara saat merintis gereja di Filipi. Para pemimpin kota dengan sopan memintanya untuk meninggalkan kota.

Namun Paulus tidak menyebutkan semua itu. Sebaliknya, dia memilih untuk bersyukur atas hubungannya di Filipi. Dalam banyak hubungan yang kita jalin, kita perlu selektif untuk mengingat yang terbaik dan melupakan sisanya.

 

BACA JUGA: Prinsip Mempertahankan Pernikahan yang Harus Kamu Ketahui Sejak Pacaran

 

#2 Berdoa dengan sukacita bagi orang-orang dalam hidup kita

“Setiap kali aku berdoa untuk kamu semua, aku selalu berdoa dengan sukacita,” Filipi 1: 4 (TB).

Hampir dalam setiap hubungan, ada sesuatu yang ingin kita ubah dari orang lain. Sebenarnya, kita tidak bisa mengubah orang lain, tetapi kita bisa berdoa untuk mereka. Semua pemikiran positif di dunia tidak dapat mengubah orang lain. Hanya Tuhan yang bisa mengubah mereka. Cara tercepat untuk mengubah hubungan yang buruk menjadi baik adalah dengan berdoa untuk orang lain. Tidak hanya mengubah Anda, doa juga dapat mengubah mereka.

Paulus memberi kita 4 cara untuk beroda bagi hubungan kita dalam Filipi 1:

Berdoalah agar mereka tumbuh dalam cinta. (ayat 9)

Berdoalah agar mereka membuat pilihan yang bijaksana. (ayat 9-10)

Berdoalah agar mereka hidup dengan integritas. (ayat 11)

Berdoalah agar mereka menjadi lebih seperti Yesus. (ayat 11)

 

BACA HALAMAN SELANJUTNYA -->

Sumber : pastors.com
Halaman :
12Tampilkan Semua

Ikuti Kami