6 Tips Terbaik Mengajarkan dan Mempraktikkan Firman Tuhan Bersama Anak

Parenting Superbook / 18 March 2022

6 Tips Terbaik Mengajarkan dan Mempraktikkan Firman Tuhan Bersama Anak

Contasia Christie Official Writer
587

Pada Ulangan 6 Tuhan telah membagikan perintah yang jelas kepada tiap orang tua untuk secara tekun mengajarkan Firman Tuhan dimulai ketika anak berjalan, duduk, saat sebelum tidur, dan masih banyak lagi. Dengan kata lain, kita diharapkan oleh- Nya untuk mengajarkan Firman Tuhan tiap waktu.

Tekun dalam konteks ini diartikan sebagai“ mengikuti dengan usaha sungguh- sungguh”.

Lebih baik lagi jika keluarga Anda telah memiliki“ Waktu Saat Teduh Bersama” ataupun“ Renungan Keluarga” bersama anak- anak. Tetapi itu tidak cukup lho Parents! Alkitab wajib jadi bagian dari kehidupan kita.

Bila kita mempunyai Firman- Nya di dalam hati sebagai orang tua, hasilnya kita bersama seluruh anggota keluarga akan membicarakannya selalu seperti perintah Tuhan. Kemudian bagaimana triknya mengajarkan Firman Tuhan kepada anak- anak, sekaligus menjadi bagian dari hidup?

 

1. Baca

Sebagai orang tua, kita wajib memberikan contoh kepada anak- anak dengan meluangkan waktu untuk membaca Firman Tuhan tiap harinya. Kita dapat membacanya bersama dengan anak setelah itu motivasi mereka untuk melaksanakannya sendiri, ketika mereka sudah mulai lancar membaca.

Jangan pernah berpikir jika anak tidak akan tertarik dengan Alkitab. Mereka akan bahagia mendengar dan membacanya, saat kita memiliki perilaku yang benar. Parents dapat lho mengajarkan Firman Tuhan dengan video Superbook, setelah itu jelaskan intinya melalui ayat Alkitab yang berkaitan kepada anak dengan mendramatisirnya. Tentu mengasyikkan!

 

2. Aplikasikan ayat di Alkitab di segala situasi dalam hidup.

Contohnya jika anak diperlakukan secara tidak baik oleh kakak/ adik ataupun temannya. Tunjukkan kepada mereka, bahwa sesuai dengan Firman Tuhan, anak malah tidak boleh membenci mereka melainkan mengasihi dan berdoa untuk mereka yang menyakiti.

Saat anak berangkat bersama Parents ke taman dan melihat kupu- kupu yang begitu indah, ajarkan bahwa Tuhan menciptakan seluruh ciptaannya indah dan sesuai gambaran- Nya. Semacam yang tertulis di kitab Kejadian. Intinya banyak situasi yang dapat menolong kita mengajarkan Firman Tuhan kepada anak. Arahkan anak untuk senantiasa berpusat pada kebenaran Tuhan dan bagaimana Tuhan menyikapi hal yang terdapat di depan anak.

BACA SELANJUTNYA ------------------------------>

Sumber : Superbook Indonesia
Halaman :
12Tampilkan Semua

Ikuti Kami