Tips Mudah Membuat Anak Menjadi Penurut

Parenting Superbook / 16 March 2022

Kalangan Sendiri

Tips Mudah Membuat Anak Menjadi Penurut

Contasia Christie Official Writer
300

Membuat anak jadi penurut itu tidak mudah. Apalagi banyak orangtua yang merasa ini adalah pergumulan yang lumayan sulit. Sudah berulangkali diberitahu, eh anaknya tetap melakukan hal yang sama dan membuat kita jadi jengkel.

Nah nyatanya, kata Neal Rojas, professor pediatri di University of Carolina di San Fransisco, kondisi orangtua yang tidak dipedulian oleh anak itu bisa terjadi karena kita kurang perhatian kepada mereka. Jadi mulai dari saat ini, ayo kita fokus sama mereka.

Tidak hanya itu, terdapat beberapa kiat lagi lho supaya anak ingin menuruti arahan dan nasihat kita.

 

1. Bersikap penuh perhatian

Saat anak memohon sesuatu, usahakan kita memandang matanya dan fokus kepada dirinya. Kalau anak masih terlalu kecil, kita bisa sejajarkan tubuh kita agar pandangan mereka lurus, tidak naik (kesannya menggurui dan kurang ada ikatan). Jangan sambil melakukan hal yang lain ya. Jangan jadikan anak sebagai salah satu aktivitas multitasking ya. Simak yang anak katakan walaupun kadang masih ngalor ngidul. Tapi itulah yang mereka butuhkan.

 Baca juga : Penting! Ajarkan Anak 15 Tata Krama Ini Agar Mereka Bisa Dihormati Saat Dewasa

 

2. Buat aturan pemakaian gadget

Pemakaian gadget kerap jadi sumber distraksi orang. Oleh sebab itu, kita wajib membuat batas untuk diri sendiri dan keluarga dalam pemakaian gadget-nya. Tetap harus ada ya waktu keluarga saling berbicara dan mengobrol. Jadi bukan hanya anak saja yang dilarang bermain gadget, tapi kita juga sejenak meninggalkannya untuk bermain bersama mereka.

 

3. Dapatkan perhatian anak

Mendekatlah dan sebutkan nama mereka sambil melakukan kontak mata sejajar dengan anak. Sesudah itu baru sampaikan pesan dan mintalah anak mengulangnya sebagai tanda kalau mereka paham apa yang kita katakan.

 

4. Jangan segan terapkan konsekuensi

Saat Anda telah berhasil memberi tahu anak dengan metode yang tepat dan jelas, tetapi mereka masih tidak menurut juga, jangan segan- segan berikan mereka konsekuensi. Dengan adanya konseskuensi, anak bisa belajar untuk memperbaiki sikap mereka melalui alasan yang logis dan lebih dimengerti. Nah pastikan konsekuensi ini dijelaskan dan didiskusikan baik bersama anak ya.

Saat ini Parents telah ada gambaran donk, apakah sudah siap melakukannya? Nah misalkan Parents memiliki metode lain buat membuat anak jadi penurut, boleh di share di kolom komentar ya.

Sumber : Superbook Indonesia
Halaman :
1

Ikuti Kami