Mengantuk Setelah Makan? Jangan-jangan Anda Mengalami Fenomena 'Koma Makanan'

Health / 16 March 2022

Kalangan Sendiri

Mengantuk Setelah Makan? Jangan-jangan Anda Mengalami Fenomena 'Koma Makanan'

Aprita L Ekanaru Official Writer
634

Apakah Anda sering mengantuk setelah makan? Hal ini normal terjadi pada setiap orang dan umumnya tidak berbahaya, namun fenomena ini ada penjelasan ilmiahnya lho! Fenomena ini sering disebut dengan "koma makanan" atau secra medis disebut dengan postprandial somnolence.

Koma makanan tidak sama dengan kondisi medis dimana seseorang hilang kesehatan. Koma makanan adalah suatu kondisiyang dapat terjadi setelah makan makanan berat yang membuat Anda merasa sangat lelah atau lesu dan dapat bertahan selama beberapa jam.

Pada umumnya, gejala koma makanan yang dapat dirasakan meliputi mengantuk, lesu, lelah fisik, tingkat energi menurun dan konsentrasi yang buruk. Namun, ada juga beberapa kondisi membuat gejala koma makanan menjadi berbahaya, yaitu saat mengemudi atau menjalankan mesin berat.

 

BACA JUGA: Kenapa Kita Sering Mengantuk Setelah Makan? Berikut kata dokter!

 

Terdapat beberapa penyebab terjadinya koma makanan, diantaranya:

1. Makanan yang mengandung triptofan

Tryptophan adalah asam amino yang ditemukan dalam produk daging dan produk susu tertentu. Beberapa ahli mengatakan bahwa mengantuk setelah makan disebabkan oleh tingkat triptofan yang tinggi.

Ketika asam amino dikonsumsi bersamaan dengan karbohidrat seperti beras atau kentang dapat meningkatkan produksi serotonin. Serotonin dihasilkan dari triptofan, dan dikonversi menjadi melatonin. Hormon ini membantu tubuh bersiap untuk tidur.

 

2. Makanan tinggi lemak

Para peneliti mengatakan bahwa makanan tinggi lemak dan rendah karbohidrat dapat menyebabkan kantuk setelah makan. Mereka mengatakan setelah memakan makanan berat, sinyal kenyang dikirim ke otak. Sinyal-sinyal ini mengurangi sinya;l lapar dan meningkatkan kantuk.

 

3. Aliran darah ke otak

Pakar kesehatan mengatakan bahwa koma makanan disebabkan oleh pergeseran alira darah dari otak ke organ pencernaan. Sistem saraf parasimpatik ini dipicu ketika perut menjadi kenyang setelah makan makanan besar. Akibatnya, aliran darah lebih diarahkan ke organ pencernaan. Pengalihan kecil ini dapat menyebabkan Anda merasa mengantuk dan lelah.

 

Berikut adalah beberapa tips agar Anda terhindar dari koma makanan:

1. Makanlah dalam porsi yang kecil serta mengandung cairan. Beberapa peneliti telah menemukan bahwa makan dalam porsi besar serta cenderung padat dapat menimbulkan kantuk setelah makan.

2. Tidur yang cukup juga dapat Anda lakukan, jika Anda ingin makan dalam posri besar. Jika Anda kurang istirahat dan dalam makan dalam porsi besar, Anda bisa mengalami kondisi koma makanan.

3. Membentuk pola makan seimbang dengan asupan protein dan karbohidrat dengan sedikit lemak sehat, maka Anda dapat mengantisipasi menjadi korban koma makanan.

4. Kontrol porsi makanan Anda dengan takaran yang stabil.

5. Tetap aktif beraktivitas setelah makan, lakukan berbagai aktivitas yang dapat membantu Anda untuk mebakar kalori di dalam tubuh Anda. Hal itu dapat membantu menyegarkan tubuh Anda untuk menjaga gejala koma makanan.

 

BACA JUGA: Penderita Diabetes Wajib Jauhi 7 Jenis Makanan Ini!

Sumber : Beberapa Sumber
Halaman :
1

Ikuti Kami