7 Alasan Kenapa Makin Tua Kita Justru Makin Bersyukur
Sumber: experience life time

Relationship / 13 March 2022

Kalangan Sendiri

7 Alasan Kenapa Makin Tua Kita Justru Makin Bersyukur

Lori Official Writer
115334

Lihat ke sekeliling Anda. Apakah Anda merasa paling tua?

Atau ketika Anda mulai menghitung usia dan bercermin menyaksikan kulit yang sudah mulai mengendur. 

Pernahkah Anda berkelakar dalam hati. “Aku sudah tua ya!”

Apakah Anda sudah melewati usia 20-an yang penuh dengan energi dan kini memasuki usia 30-an yang rasanya berbeda? Atau Anda sudah memasuki usia 40-an dan menyadari begitu banyak perubahan yang terjadi atas hidup Anda. Bahkan lingkaran pertemanan semakin berkurang dan bahkan hidup mulai berjalan stagnan.

Tahukah Anda bahwa setiap orang yang diberikan umur panjang pasti akan melewati periode tersebut. Orang yang lebih muda juga akan melewati usia dimana Anda saat ini menyadari bahwa Anda sudah cukup tua. Karena firman Tuhan berkata bahwa, “Untuk segala sesuatu ada masanya, untuk apapun di bawah langit ada waktunya. Ada waktu untuk lahir, ada waktu untuk meninggal, ada waktu untuk menanam, ada waktu untuk mencabut yang ditanam…” (Pengkhotbah 3: 1-2).

Setiap orang punya musim dan perjalanannya. Di posisi apapun Anda saat ini, ketahuilah 7 alasan kenapa Anda perlu bersyukur.

1. Semakin menerima diri sendiri apa adanya

Belum diketahui pasti apakah semua orang yang memasuki usia 30-an mengalami hal ini. Namun rasanya indah ketika mendengar seorang teman yang sudah memasuki usia 30-an berkata, “Aku suka dengan usia 30-an ku. Karena aku lebih bisa menerima diriku apa adanya.” 

Seiring bertambahnya usia, ada banyak orang yang merasa lebih percaya diri dengan dirinya sendiri, lebih realistis, lebih memprioritaskan kebahagiaan diri sendiri dan tak lagi sibuk menanggapi apa kata orang.

 

Baca Juga: 27 Ayat Alkitab Ucapan Syukur Atas Usia Baru

 

2. Menemukan teman yang setia

Semakin tua, semakin kecil lingkaran pertemanan. Ya memang benar. Namun dalam kondisi ini Anda akan menyadari bahwa aka nada satu atau dua sahabat terbaik yang akan selalu ada untuk Anda setiap waktu.

Entah itu teman semasa SMA, kuliah atau rekan kerja lama. Bersama mereka, Anda akan menghabiskan banyak waktu melakukan apapun yang Anda suka.

 

3. Punya segudang pengalaman hidup

Semakin lama kita hidup, semakin banyak pengalaman hidup yang kita punya. Dengan segudang pengalaman ini, Anda punya banyak cerita yang bisa dibagikan dengan orang lain. Sebagian diantaranya mungkin adalah pengalaman-pengalaman yang begitu menyenangkan dan belum tentu dimiliki orang lain. Jadi bersyukurlah karena diberikan kesempatan untuk mengalaminya di masa lalu.

 

Baca Juga: 7 Ayat Alkitab yang Bisa Anda Kutip untuk Ucapan Ulang Tahun

 

4. Bertindak lebih bijaksana

Di masa muda, keinginan bebas membuat kita hidup sesuka hati, mengikuti apa yang kita anggap benar dan kurang memiliki pertimbangan matang ketika melakukan sesuatu.

 

 

BACA HALAMAN BERIKUTNYA --->

Namun seiring bertambahnya usia, kita mulai merasa bahwa waktu itu penting. Kita mulai menata prioritas dan tujuan hidup. Bahkan setiap tindakan akan lebih dulu dipertimbangkan dengan matang. Misalnya, apakah pantas membeli satu setelan pakaian seharga Rp1 juta? Apakah menghabiskan waktu berjam-jam menonton drama Korea tanpa melakukan sesuatu yang lebih produktif itu baik? 

Orang dewasa biasanya akan memiliki lebih banyak pertimbangan, yang dalam artian hal itu baik untuk tetap fokus kepada tujuan hidup yang lebih baik.

 

5. Lebih sedikit melakukan kesalahan

Amsal 22: 15 berkata, “Kebodohan melekat pada hati orang muda, tetapi tongkat didikan akan mengusir itu dari padanya.”

Semakin kita dewasa, semakin kita punya tanggung jawab yang lebih besar. Sehingga kita tidak lagi mau menjalani kehidupan dengan melakukan kesalahan yang sama seperti di masa muda. 

 

Baca Juga: Jalan Berkat dan Umur Panjang

 

6. Semakin menyadari bahwa hidup itu singkat

Di zaman ini, umur seseorang paling hebat hanya bisa bertahan hingga 80 tahun. Bertambahnya usia dari tahun ke tahun pasti akan membuat kita bergumam dalam hati bahwa waktu hidup kita semakin berkurang. Karena itu kita mulai menghargai waktu, menghargai kehidupan dan orang-orang terdekat yang kita kasihi.

“Ajarlah kami menghitung hari-hari kami sedemikian, hingga kami beroleh hati yang bijaksana.” (Mazmur 90: 12)

 

7. Jadi tua itu kehormatan

Amsal 16: 31 berkata, “Rambut putih adalah mahkota yang indah, yang didapat pada jalan kebenaran.”

Rambut putih identik dengan tua. Namun Amsal berkata, justru di usia ini kehidupan tambah indah. Kenapa? Karena bukan saja membuat kita semakin berhikmat dan bijaksana tetapi ini adalah masa dimana kita bersiap untuk lebih dekat dengan sang pencipta.

Jika Anda masih diberikan waktu untuk menikmati hidup ini, entah di usia 20-an, 30-an atau bahkan 40-an bersyukurlah untuk hal itu. Sekalipun mungkin Anda masih hidup seorang diri, tetaplah percaya bahwa Tuhan merancangkan kehidupan yang indah hingga akhir. Libatkan Dia di sepanjang perjalanan hidup Anda.

Sumber : Jawaban.com
Halaman :
Tampilkan per Halaman

Ikuti Kami