Kenapa Orang Tua Harus Memuridkan Anaknya? Bukan Gereja Atau Sekolah Minggu Saja

Parenting Superbook / 11 March 2022

Kalangan Sendiri

Kenapa Orang Tua Harus Memuridkan Anaknya? Bukan Gereja Atau Sekolah Minggu Saja

Contasia Christie Official Writer
673

'Sebab Aku telah memilih dia, supaya diperintahkannya kepada anak-anaknya dan kepada keturunannya supaya tetap hidup menurut jalan yang ditunjukkan TUHAN, dengan melakukan kebenaran dan keadilan, dan supaya TUHAN memenuhi kepada Abraham apa yang dijanjikan-Nya kepadanya.' Kejadian 18:19. Inilah yang Alkitab tuliskan tentang keinginan orang tua terhadap anaknya.

Pada Ulangan 6: 4-7 dituliskan tentang bagaimana orang tua seharusnya mengajar anaknya sesuai dengan kehendak Tuhan. Pemuridan dimulai dari bagaimana menyampaikan kebenaran akan Kristus pada anak-anak kita, dimana kemudian ini menjadi salah satu aspek penting dalam mendidik anak. Di bawah ini adalah alasan mengapa kita perlu memperkenalkan Tuhan kepada anak kita sedini mungkin.

 

1. Karena Tuhan yang memerintahkan kita

Efesus 6:4, 'Dan kamu, bapa-bapa, janganlah bangkitkan amarah di dalam hati anak-anakmu, tetapi didiklah mereka di dalam ajaran dan nasihat Tuhan.' Kegiatan gereja memang sangat membantu dalam dan menguntungkan kita sebagai orang tua yang percaya.

Baca juga : Supaya Anak Tidak Tumbuh Jadi Egois, Lakukan Cara Ini Saat Mendidik Mereka

 

Tetapi, seberapa bagus pun kegiatan yang ada di gereja, tidak akan menggantikan peran kita sebagai orang tua. Sederhananya, anak-anak hanya menghabiskan satu waktu selama beberapa jam setiap hari minggu, sementara kita bisa menghabiskan banyak waktu bersama mereka.

Mazmur 1:1-3 mengatakan bahwa mereka yang dekat dengan Tuhan akan diberkati. Agar anak-anak dapat mengenali kebenaran, kita perlu membiasakan mereka untuk membaca Alkitab.

Salah satu tugas kita sebagai orang tua adalah memastikan bahwa anak-anak memahami bahwa ada sebuah tujuan dalam setiap kehidupan, yaitu untuk berada di dalam Tuhan dan berjalan sesuai dengan kehendak-Nya.

 

2. Kalau bukan kita, maka dunia yang akan mengambil alih anak kita

 

Setiap harinya anak bertumbuh dan belajar mengenai apa yang harus mereka lihat, pikirkan dan lakukan. Semakin dewasa, akan ada banyak pengaruh yang diterima oleh anak kita. Inilah alasan mengapa penting untuk mengenalkan kasih Tuhan sejak anak-anak masih kecil. Kita harus mengajarkan kepada mereka bagaimana hidup dengan cara Kristen di dunia ini. 

Baca selanjutnya ----------------->

Sumber : Superbook Indonesia
Halaman :
12Tampilkan Semua

Ikuti Kami