Gunung Merapi Erupsi Lagi, Warga Dihimbau Waspada

News / 11 March 2022

Kalangan Sendiri

Gunung Merapi Erupsi Lagi, Warga Dihimbau Waspada

Aprita L Ekanaru Official Writer
451

Aktivitas Gunung Merapi di Jawa Tengah mengalami peningkatan pada Rabu (09/03/22) tengah malam. Awan panas guguran Merapi terjadi mulai 23.8 WIB dan masih berlangsung sampai dengan hari ini. Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) menghimbau agar masyarakat waspada.

"Berdasarkan hasil pemantauan visual dan instrumental, maka kami simpulkan bahwa aktivitas vulkanik Gunung Merapi ditetapkan pada tingkat Siaga," kata Kepala Badan Geologi Eko Budi Lelono, Kamis (10/3/2022).

Awan panas guguran merapi menyebabkan hujan abu ke beberapa wilayah, terutama di sisi barat laut Gunung Merapi dengan jarak maksimal 13 kilometer.

"Aktivitas vulkanik internal juga masih tinggi ditunjukkan oleh data seismisitas dan deformasi. Seismisitas internal (VTB dan MP) terjadi lebih dari kali per hari, sedangkan laju deformasi EDM RB1 sebesar 3,5 mm per hari," tambahnya.

Badan Geologi berharap pemerintah daerah di sekitar Gunung Merapi untuk dapat melakukan berbagai upaya mitigasi dalam menghadapi bahaya erupsi. Sampai Kamis (11/03/22) siang, belum ada laporan warga yang dievakuasi akibat erupsi Merapi.

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo juga angkat bicara dan memastikan warga sudah siap menghadapi situasi erupsi dengan metode Desa Kembar.

"Belum dan mereka sudah punya tempatnya kok," kata Ganjar sambil menegaskan bahwa warga di sekitar Merapi jauh lebih paham tentang apa yang harus dilakukan ketika erupsi terjadi. 

Terlepas dari itu, Ganjar mengatakan terus memantau perkembangan Gunung Merapi. Pantauan dilakukan para vulkanolog dan bekerjasama dengan wilayah Yogyakarta.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sleman, sementara menutup jalur wisata lereng Merapi dan menuju kawasan penambangan pasir. 

Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Sleman Makwan, Kamis (10/3/2022) mengatakan, penutupan dilakukan untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

"Sedangkan jalur wisata yang ditutup sementara yakni rute jip wisata Volcano Tour di Kelurahan Kepuharjo dan Umbulharjo, Cangkringan yang menuju ke arah Bunker Kaliadem. Jalur wisata arah Bunker Kaliadem juga sudah dikosongkan dari armada jip wisata," katanya.

Hari ini (11/03/22) Gunung Merapi kembali mengalami erupsi dengan memuntahkan gurguran lava pijar sebanyak 15 kali ke arah barat daya dan tenggara.

"Asap kawah bertekanan lemah teramati berwarna putih dengan intensitas sedang hingga tebal dan tinggi 20-100 meter di atas puncak kawah," ujar Hanik Umaida Kepala BPPTKG, dilansir dari ANTARA Jateng.

Hingga kini BPPTKG masih mempertahankan status Gunung Merapi pada Level III atau Siaga.

"Masyarakat agar tidak melakukan kegiatan apa pun di daerah potensi bahaya," demikian Hanik Humaida.

Sumber : Beberapa Sumber
Halaman :
1

Ikuti Kami