Capai Financial Freedom Lewat Frugal Living, Hidupi 5 Kebiasaan Ini Setiap Hari
Sumber: Jawaban.com

Finance / 10 March 2022

Kalangan Sendiri

Capai Financial Freedom Lewat Frugal Living, Hidupi 5 Kebiasaan Ini Setiap Hari

Lori Official Writer
2839

Apa itu frugal living? Dalam bahasa sederhananya, frugal living adalah gaya hidup hemat.

Para penganut kebiasaan frugal living ini biasanya menerapkan kehidupan hemat sehari-hari hingga bisa menabung sampai 50% dari penghasilannya.

Banyak menyamakan gaya hidup frugal living ini dengan pelit. Tapi benarkah demikian? Tentu saja keliru. Karena mereka yang menerapkan gaya hidup ini tidak serta merta terlepas dari kebutuhan untuk memiliki benda atau barang tertentu. Karena penekanan dari hidup frugal ini adalah kepada tujuan penghematan keuangan yang diterapkan.

Seperti dalam judul artikel ini bahwa tujuan akhir dari penerapan frugal living ini sebenarnya adalah financial freedom atau kebebasan finansial di usia tertentu.

Jadi untuk mencapai tujuan ini, mereka yang menerapkan gaya hidup frugal living harus menghidupi aturan-aturan yang ditetapkan.

Salah satunya adalah four percent rule atau aturan 4 persen. Ketika kita bisa mengumpulkan sejumlah uang berdasarkan hitungan 4% rule ini, maka kita bisa dikatakan sudah mencapai financial freedom.

Jadi frugal living lebih menekankan tentang bagaimana memperoleh sesuatu dengan cara yang lebih murah. Jadi, mereka yang hidup secara frugal menerapkan prinsip bahwa setiap pengeluaran harus sesuai dengan value for money. 

 

Baca Juga: Mau Tahu Cara Membedakan Pelit atau Hemat? Cobain Tes Sekarang!

 

Lalu bagaimana cara mencapai financial freedom melalui gaya hidup frugal living ini?

Salah satunya bisa belajar dari gaya hidup miliarder dunia Waren Buffet. Banyak yang percaya bahwa sekalipun Warren tajir melintir, namun dia tetap menunjukkan kehidupan sederhana dalam kesehariannya. Seperti contoh dia tetap tinggal di rumah sederhana selama 60 tahun. Kemudian dia memilih untuk membeli rumah secara kredit dan menggunakan uang yang dia punya untuk investasi. 

Bukan hanya itu, Buffet juga tidak malu menggunakan mobil tuanya untuk aktivitas sehari-hari. Dia juga bahkan tidak terlalu peduli dengan baju-baju brand. Meskipun sudah memiliki banyak uang, namun Buffet hanya membelanjakan uangnya sesuai batas kemampuan dan menghindari pengeluaran yang tidak perlu.

Apa yang bisa dilakukan untuk menerapkan gaya hidup frugal living ini dalam kehidupan Anda sehari-hari?

Berikut 5 kebiasaan hidup hemat yang bisa Anda terapkan.

1. Beli Barang Belanjaan Hemat Sesuai Budget 

Gaya hidup frugal living akan memanfaatkan diskon, kupon atau promo-promo harga tertentu saat berbelanja. Namun perlu dicacat bahwa mereka tidak pernah mengorbankan kualitas meskipun memperoleh harga yang lebih murah.

Bahkan untuk makan saja, biasanya orang frugal akan mengalokasikan berapa besar pengeluaran yang dikeluarkan untuk makan di luar maupun shopping baju, sepatu maupun kebutuhakn primer lainnya.

 

Baca Juga: Tips Bebas Dari Masalah Keuangan

 

2. Menabung Untuk Membeli Barang yang Diinginkan

Frugal living identik dengan penggunaan uang yang sesuai dengan tujuan. 

Misalnya,saat kebutuhan akan handphone baru datang seorang frugal living mengkalkukasikan uang yang harus dikumpulkan untuk membeli handphone yang diinginkan.

Jadi untuk membeli satu handphone seharga Rp 5 juta, maka Anda harus bekerja berapa lama untuk mengumpulkan uang sebesar itu? Jadi Anda akan memilih untuk mengumpulkan uangnya terlebih dahulu untuk mencapai keinginan tersebut.

 

 

BACA HALAMAN BERIKUTNYA --->

3. Lakukan Budgeting

Apakah Anda suka membukukan pengeluaran bulanan? 

Meksipun hal ini terkesan repot, namun budgeting tidak perlu dilakukan setiap bulannya atau selamanya. Namun bagi pemula yang menerapkan frugal living memerlukan peta keuangan yang jelas setiap bulannya. Sehingga budgeting ini bisa menjadi pemandu bagi Anda untuk mengontrol pengeluaran bulanan.

Cobalah melakukan budgeting di tiga sampai 6 bulan pertama. Nah setelah mencatat pengeluaran setiap bulan, maka lama kelamaan pengeluaran ini akan mudah diprediksi. Sehingga kedepannya pengeluaran untuk kebutuhan sudah lebih terorganisir.

 

Baca Juga: 7 Prinsip Pengelolaan Keuangan yang Tuhan Mau Orang Kristen Lakukan

 

4. Meningkatkan Penghasilan

Gaji pas-pasan tentu saja jadi tantangan untuk bisa mencapai financial freedom yang didambakan semua orang. 

Karena itu, jika Anda bekerja sebagai karyawan maka cara satu-satunya untuk meningkatkan penghasilan adalah bekerja sekeras-kerasnya demi mendapatkan promosi atau peningkatan penghasilan.

Namun jika gaji yang ditawarkan di tempat kerja sudah mentok, maka kejarlah karir di tempat lain yang menjanjikan penghasilan yang lebih tinggi. Atau bisa juga dengan mencari penghasilan dari pekerjaan tambahan atau bisnis di luar kantor.

Poin utama yang perlu diperhatikan dari hal ini adalah berapa banyak penghasilan yang bisa disisihkan untuk ditabung demi mencapai financial freedom ini.

 

5. Belajar Berinvestasi

Saat ini ada begitu banyak peluang yang bisa dimanfaatkan untuk menambah income bulanan. Salah satunya melalui instrumen investasi. 

Tentu saja Anda perlu belajar sendiri mendalami cara kerja investasi yang ada misalnya investasi emas, reksadana, reksadana obligasi, saham hingga trading.

Sebagai orang percaya, Anda bisa termotivasi untuk menerapkan gaya hidup ini melalui pandangan Alkitab juga. Berikut ayat Alkitab yang bisa Anda renungkan.

Ibrani 13: 5

Janganlah kamu menjadi hamba uang dan cukupkanlah dirimu dengan apa yang ada padamu. Karena Allah telah berfirman: "Aku sekali-kali tidak akan membiarkan engkau dan Aku sekali-kali tidak akan meninggalkan engkau."

 

Lukas 14: 28

Sebab siapakah di antara kamu yang kalau mau mendirikan sebuah menara tidak duduk dahulu membuat anggaran biayanya, kalau-kalau cukup uangnya untuk menyelesaikan pekerjaan itu?

 

Lukas 16: 10-11

Barangsiapa setia dalam perkara-perkara kecil, ia setia juga dalam perkara-perkara besar. Dan barangsiapa tidak benar dalam perkara-perkara kecil, ia tidak benar juga dalam perkara-perkara besar. Jadi, jikalau kamu tidak setia dalam hal Mamon yang tidak jujur, siapakah yang akan mempercayakan kepadamu harta yang sesungguhnya?

Apakah Anda tertarik untuk memberi nilai atas setiap rupiah yang Anda hasilkan sepanjang hari? Mungkin gaya hidup ini bisa Anda terapkan.

 

Sumber : Jawaban.com
Halaman :
Tampilkan per Halaman

Ikuti Kami