Tips Mudah Mengajarkan Anak Firman Tuhan Setiap Hari

Parenting / 2 March 2022

Tips Mudah Mengajarkan Anak Firman Tuhan Setiap Hari

Contasia Christie Official Writer
560

Ingin memiliki anak yang bisa memegang kuat iman percayanya sampai ia dewasa? Salah satu hal paling “powerful” yang dapat kita ajarkan ke anak-anak adalah Firman Tuhan. Tuhan sendiri berkata pada kita betapa pentingnya kebenaran akan Firman dan kehendak-Nya atas hidup kita.

Ibrani 4:12 mengatakan bahwa “Sebab firman Allah hidup dan kuat dan lebih tajam dari pada pedang bermata dua manapun; ia menusuk amat dalam sampai memisahkan jiwa dan roh, sendi-sendi dan sumsum; ia sanggup membedakan pertimbangan dan pikiran hati kita.” Ini adalah bukti bahwa Firman Tuhan sangat mempengaruhi kehidupan kita dan mampu membimbing kita untuk melakukan hal yang benar di mata-Nya.

Inilah cara yang bisa Parents ajarkan kepada anak, agar mereka mampu memegang firman Tuhan dalam hidupnya:

1. Mengulangi itu penting

Ajak anak untuk mengatakan berkali-kali ayat Alkitab dengan keras dan dengan cara yang berbeda-beda. Seperti dengan permainan, menggunakan musik, atau dengan gerakan agar dapat membantu anak mudah mengingatnya. Seperti dalam kurikulum Sekolah Minggu Superbook di bagian Super Ayat. Anak sekolah minggu akan diajak bermain sambil mengingat ayat. Jadi rasanya tidak berat dan justru menyenangkan.

2. Mulai mengingat sebagian kecil kemudian dilanjutkan terus sampai bisa hafal keseluruhan ayat

Parents bisa mengajak anak memulainya 1 ayat per minggu. Kemudian berganti ke ayat berikutnya, tapi tetap mengulang ayat yang sebelumnya.

3. Tuliskan

Gunakan kartu pengingat ayat yang bisa dibawa oleh anak kemana saja. Atau bisa juga memajang kartu tersebut ke tempat-tempat yang mudah terlihat oleh anak.

Baca juga : 7 Hal yang Harus Orang Tua Pahami tentang Peranan dan Pergumulan Guru Sekolah Minggu

 

4. Bantu anak untuk menemukan ayatnya di dalam Alkitab

Biarkan mereka memberi tanda pada Alkitabnya sesuai dengan keinginannya.

5. Perbincangkan arti ayat tersebut yang relevan dengan kegiatan kita sehari-hari

Berikan contoh di kehidupan nyata bagaimana ayat itu dapat membantu kita melewati hari – hari terberat kita. Lalu jelaskan kenapa Firman Tuhan itu penting dalam kehidupan.

6. Biarkan mereka melihat teladan dari kita

Mengingat Firman Tuhan dan menghidupinya itu tidak mudah bagi anak pahami dan jalani ketika kita sendiri tidak melakukannya. Jadilah teladan bagi mereka, agar merekapun tergerak untuk hidup sesuai dengan kehendak Tuhan dan sesuai Firman.

Sumber : Superbook Indonesia
Halaman :
1

Ikuti Kami