8 Ayat Alkitab untuk Mempersiapkan Hati Setiap Anggota Keluarga Saat Rabu Abu

Parenting / 1 March 2022

Kalangan Sendiri

8 Ayat Alkitab untuk Mempersiapkan Hati Setiap Anggota Keluarga Saat Rabu Abu

Contasia Christie Official Writer
5325

Rabu Abu adalah momen dimulainya musim Pra Paskah. Biasanya di malam Rabu Abu, pendeta atau pastur akan memberikan tanda salib di dahi jemaat dengan abu. Abu atau debu tanah digunakan sebagai pengingat bagi kita bahwa Tuhan membentuk kita dari abu/debu, dan setelah meninggal kelak kita akan kembali menjadi debu.

Dosa memisahkan kita dari Tuhan. Dan tanda Salib yang dibuat pada dahi saat Rabu Abu menandakan bahwa kita telah menyesal dan bertobat dari dosa yang telah kita lakukan. Untuk mengetahu lebih lanjut tentang serba serbi Rabu Abu, Anda bisa membacanya disini.

Untuk mempersiapkan hati Anda pada masa Pra Paskah ini, momin telah mengumpulkan beberapa ayat Alkitab Rabu Abu yang dapat Anda baca sebelum ataupun setelah kebaktian.

Kejadian 2:7

Ketika itulah TUHAN Allah membentuk manusia itu dari debu tanah dan menghembuskan nafas hidup ke dalam hidungnya; demikianlah manusia itu menjadi makhluk yang hidup.” Tuhan membentuk manusia dari debu. Satu-satunya alasan abu menjadi hidup adalah karena Dia menghembuskan kehidupan ke dalamnya.

Kejadian 3:19

Dengan berpeluh engkau akan mencari makananmu,sampai engkau kembali lagi menjadi tanah, karena dari situlah engkau diambil; sebab engkau debu dan engkau akan kembali menjadi debu." Pengkhotbah atau imam akan sering membacakan ayat ini pada hari Rabu Abu. Ayat ini membantu kita untuk mengingat bahwa kita tidak dapat mencapai keselamatan sendiri. Karena dosa, kita akan kembali menjadi debu. Tapi kita telah ditebus, berkat pengorbanan Kristus.

 

BACA JUGA: Prapaskah 2022, Inilah 5 Fakta yang Wajib Diketahui Orang Kristen

 

Ester 4:3

Di tiap-tiap daerah, ke mana titah dan undang-undang raja telah sampai, ada perkabungan yang besar di antara orang Yahudi disertai puasa dan ratap tangis; oleh banyak orang dibentangkan kain kabung dengan abu sebagai lapik tidurnya.” Abu juga mewakili perkabungan dan permohonan tulus kepada Tuhan untuk mengubah situasi, seperti yang dilakukan oleh Ester.

Mazmur 51:2

Bersihkanlahaku seluruhnya dari kesalahanku, dan tahirkanlah aku dari dosaku!” Meskipun tidak secara tegas berbicara tentang abu, kita tahu bahwa melalui salib, Kristus membersihkan kita dari ketidakmurnian kita. Kita mengingat ini melalui simbolisme salib pada Rabu Abu.

 

Baca Selanjutnya ---------->

Sumber : crosswalk
Halaman :
12Tampilkan Semua

Ikuti Kami