Alasan Kenapa Orang Katolik dan Kristen Merayakan Rabu Abu dan Serba Serbinya

Kata Alkitab / 2 March 2022

Kalangan Sendiri

Alasan Kenapa Orang Katolik dan Kristen Merayakan Rabu Abu dan Serba Serbinya

Contasia Christie Official Writer
1341

Rabu, 2 Maret 2022 ini adalah awal dari masa Pra Paskah yang ditandai dengan Rabu Abu. Bagi umat Kristiani dan Katolik, inilah awal mula musim puasa, refleksi, dan mempersiapkan masa Paskah selama 40 hari yang berpuncak pada kebangkitan Kristus. Ada beberapa aliran Kristen yang memang tidak merayakan hari ini, tapi pernah tidak Anda penasaran tentang asal muasalnya, abunya terbuat dari apa, dan apa pentingnya hari tersebut? Simak pembahasannya di bawah ini.

 

Apa Pentingnya Rabu Abu?

Rabu Abu penting karena menandai dimulainya masa Pra Paskah untuk menyambut Pekan Suci. Seorang pendeta akan membuat tanda salib di dahi setiap jemaat yang terbuat dari abu daun palem. Dan selama 40 hari kedepannya, umat Kristiani bisa melakukan puasa untuk mengingat peristiwa saat Yesus di padang pasir dan menyiapkan hati sebelum menyambut kebangkitan-Nya. Berikut ini ada beberapa perayaan selain Rabu Abu yang biasa dikenal juga di kalangan Kristiani.

Minggu Palma

Satu minggu sebelum Minggu Paskah, sebagian dari kita merayakan Minggu Palma. Ini memperingati kemenangan Yesus masuk ke Yerusalem ( Matius 21 ). Yesus naik ke kota dengan seekor keledai, seperti yang dinubuatkan. Penduduk meletakkan daun palem di jalan dan berteriak, "Hosana bagi Anak Daud, diberkatilah Dia yang datang dalam nama Tuhan, hosana di tempat yang mahatinggi!" (ayat 9).

Kamis Putih

Malam di mana Yesus dikhianati . Yesus memecahkan roti, membagikan anggur, dan berbagi Perjamuan Terakhir dengan murid-murid-Nya. Dia kemudian pergi ke Taman Getsemani untuk berdoa sebelum Dia ditangkap dan diadili. Kamis putih diperingati sebagai praktik dari persekutuan Kristiani.

Jumat Agung

Yesus dinyatakan bersalah atas kejahatan yang tidak dilakukan-Nya dan dijatuhi hukuman mati di kayu salib. Banyak gereja akan mengadakan kebaktian yang ‘muram’ pada hari Jumat sebelum Paskah untuk mengingat pengorbanan Yesus bagi kita.

Minggu Paskah

Baca selanjutnya--->

Sumber : crosswalk
Halaman :
12Tampilkan Semua

Ikuti Kami