Kesaksian OBI: Baksos Kesehatan Di Desa Kairane

News / 26 February 2022

Kalangan Sendiri

Kesaksian OBI: Baksos Kesehatan Di Desa Kairane

Aprita L Ekanaru Official Writer
499

Pada 20 Februari yang lalu, OBI bekerja sama dengan tim medis GMIT Kota Baru Kupang, mengadakan baksos kesehatan di wilayah Kupang Timur, tepatnya di desa Kairane. Penduduk di desa ini mata pencahariannya adalah sebagai petani kebun dan petani sawah.

Baksos kesehatan Ini adalah bakti sosial kesehatan ketiga yang diadakan di Kupang – NTT. Di baksos kesehatan yang ketiga ini, kami memilih untuk menjangkau masyarakat yang berada jauh dari kota, di mana akses untuk pergi ke puskesmas terdekat saja harus menempuh jarak paling tidak 3 km, sedangkan bila mereka mau berobat ke rumah sakit terdekat mereka harus menempuh jarak minimal sekitar 10 km.

Yang OBI lakukan pada baksos kesehatan kali ini adalah:

  • Penyuluhan kesehatan tentang DBD, karena saat ini di wilayah NTT sedang marak lagi dengan penyakit demam berdarah.
  • Pemeriksaan kesehatan (termasuk pemeriksaan gula darah, kolesterol, dan asam urat)
  • Mendoakan setiap pasien yang berobat

Medis yang ikut turun dalam baksos kali ini ada 3 orang dokter yakni dr. Woro sebgai dokter spesialis anak, dr. Danny Mooy sebagai dokter ahli penyakit dalam, dan dr. Diorita Sely Keba sebagai dokter umum. Sedangkan untuk relawan di bagian farmasi ada 5 orang.

Jumlah pasien yang hadir pada baksos ketiga ini ada 181 orang yang terdiri dari orang tua dan anak.

Jenis penyakit yang diderita oleh orangtua adalah lambung, darah tinggi, sakit mata, gatal-gatal. Sementara penyakit yang diderita oleh anak-anak kebanyakan adalah sakit batuk, pilek, demam, dan panas.

Salah satu pasien yang datang adalah Davin Rinama (4thn). Ia adalah anak laki-laki dari pasangan mama Nofri dan bapak Agustinus Rinama. Davin mengalami sakit batuk, pilek, panas sudah sejak 2 minggu sebelum baksos. Tapi orangtuanya tidak ingin membawa Davin ke dokter, karena orangtuanya takut mereka divonis terpapar Covid 19.

Mereka sangat senang ketika diberitahu bahwa akan ada baksos kesehatan yang akan dilakukan di komunitas mereka, akhirnya mereka membawa Davin untuk berobat. Hari itu Davin diberikan obat, vitamin, dan didoakan. Puji Tuhan, setelah dua hari minum obat dan vitamin tersebut dengan teratur, kesehatan Davin sudah pulih. Orangtua Davin sangat senang dengan kesembuhan Davin, dan mereka berterima kasih untuk pelayanan kesehatan yang telah diberikan oleh OBI untuk Davin dan juga untuk banyak orang di desanya.

Sumber : https://www.oborberkat.com/
Halaman :
1

Ikuti Kami