Warga Ukraina Berlutut & Berdoa Saat Rusia Menyerang, “Tuhan Tolong Campur Tangan”

News / 25 February 2022

Kalangan Sendiri

Warga Ukraina Berlutut & Berdoa Saat Rusia Menyerang, “Tuhan Tolong Campur Tangan”

Claudia Jessica Official Writer
841

Ketika Rusia meluncurkan invasi ke negara mereka Kamis pagi, sekelompok warga Ukraina berkumpul dalam lingkaran. Mereka berlutut dan berdoa di ruang terbuka yang kemudian berhasil didokumentasikan oleh CNN. Video saat mereka tengah berdoa itu diunggah ke Twitter dan menjadi viral.

Lingkaran doa yang dibentuk tak lama setelah matahari terbit, beberapa jam setelah Presiden Rusia, Vladimir Putin mengumumkan militer negaranya menyerang Ukraina.

Video yang diunggah CNN memperlihatkan sekitar enam orang duduk berlutut dalam doa di area terbuka di Kharkiv, kota terpadat kedua di Ukraina. Kelompok tersebut tidak sadar bahwa sebuah kamera tengah merekam mereka untuk muncul di televisi.

Clarissa Ward dari CNN mengatakan momen itu menginspirasi untuk ditonton.

 

BACA JUGA: Ribuan Warga Rusia Ditangkap Karena Tolak Perang Rusia dan Ukraina

 

“Sekelompok kecil orang tengah berkumpul di alun-alun, dan mereka berlutut serta berdoa karena saat ini benar-benar ada perasaan tidak tahu apa yang akan terjadi dalam beberapa jam, dalam beberapa hari mendatang. Tidak ada yang tahu apa yang akan terjadi pada orang-orang Ukraina di masa depan,” kata Clarissa saat video tersebut disiarkan.

“Dan di sini sangat dingin,” tambahnya. “Jadi, melihat orang-orang ini berlutut di atas batu yang dingin dan berdoa, jujur itu sangat mengharukan. Dan saya berpikir kejadian ini berbicara tentang keadaan orang Ukraina di sini yang sama sekali tidak melakukan apapun hingga mereka pantas menerima (terror perang) ini.”

Video itu kemudian menjadi viral dalam waktu singkat dan telah donton lebih dari 200.000 kali.

“Ini memilukan. Doa yang kuat untuk semua orang,” tulis salah seorang netizen.

“Tuhan, tolong campur tangan dan bimbing serta lindungi rakyat Ukraina,” tulis orang lain.

Menurut penulis Joel C. Rosenberg, Ukraina adalah salah satu negara Kristen terbesar di Eropa. Sekitar 78% dari 43 juta penduduknya adalah anggota Gereja Ortodoks Ukraina, meningkat 39% dari tahun 1991. Sekitar 10 persen adalah Katolik Roma dan 2 persen evangelis.

“Mari kita berdoa dengan setia dan tanpa henti agar Gereja di Ukraina menjadi berani dan berani dalam kesaksian mereka bagi Kristus,” tulis Rosenberg.

 

BACA JUGA: Seluk Beluk Konflik Rusia dan Ukraina, Gereja Satukan Hati Minta Perdamaian

Sumber : christianheadlines
Halaman :
1

Ikuti Kami