Perhatikan! Beberapa Hal Ini Tidak Boleh Anda Lakukan dalam Mencatat Keuangan!

Finance / 9 February 2022

Kalangan Sendiri

Perhatikan! Beberapa Hal Ini Tidak Boleh Anda Lakukan dalam Mencatat Keuangan!

Claudia Jessica Official Writer
858

Waktu kecil, saya berharap segera dewasa agar bisa menghasilkan uang. Sekarang setelah bisa menghasilkan uang dengan bekerja, saya baru menyadari bahwa banyak sekali hal yang harus dilakukan dalam mengelola keuangan. Pada masa awal bekerja, saya belum mengerti cara mengelola keuangan. Yang saya tahu hanya menyisihkan uang untuk menabung, uang untuk kebutuhan, dan uang untuk jajan.

Selama masih ada uang, saya tidak akan ragu untuk membeli sesuatu. Hal itu tidak terlalu buruk tapi terkadang saya merasa bingung kemana uang saya pergi? Karena saya tidak mencatat pengeluaran saya, dan saya merasa hanya menghabiskan sedikit uang, tapi tanpa disadari uang itu sudah habis seperti tidak tahu untuk apa.

Namun sekarang, keuangan saya jauh lebih terkontrol dan saya lebih bisa menahan diri ketika tergiur akan sesuatu. Hal ini terjadi karena saya mencatat dengan rinci setiap pengeluaran dan sumber dana yang masuk ke kantong saya. Saya merasa apa yang saya lakukan ini mungkin bisa membantu Anda dalam mengelola keuangan Anda.

Ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan. Beberapa hal harus dilakukan dan beberapa hal tidak boleh dilakukan:

Hal yang boleh dilakukan:

- Cek mutasi rekening setiap bulan

Mengecek mutasi rekening adalah hal yang wajar dan perlu dilakukan untuk mengontrol keuangan.

- Catat pengeluaran sekecil apapun (termasuk biaya parkir jika perlu)

Catatlah pengeluaran sekecil apapun, bila perlu, Anda juga bisa mencatat biaya parkir. Terkadang pengeluaran kecil yang kita sepelekan justru merogoh kocek yang cukup banyak jika dilakukan cukup sering.

- Buat catatan khusus (bisa di laptop, handphone, atau gunakan aplikasi keuangan)

Jika membuat catatan di buku terasa merepotkan, Anda bisa membuat catatan tersebut di tempat khusus. Misalnya laptop, handphone, atau Anda juga bisa menggunakan aplikasi keuangan untuk mencatat uang keluar-masuk ke tangan Anda.

 

BACA JUGA: Uang Habis Gak Jelas Kemana? Cobain 6 Tips Ini Supaya Kamu Bisa Ngumpulin Uang

 

- Atur batas maksimum setiap pos pengeluaran

Sebelum menghabiskan uang, buatlah pos-pos pengeluaran dan urutkan berdasarkan dari kebutuhan yang paling penting, sandang, pangan, dan papan. Lalu buatlah batasan maksimal dari setiap pos pengeluarannya. Misalnya membuat batasan maksimal untuk biaya makan sehari hanya 50 ribu.

- Konsisten!

Konsisten, tentu saja hal ini yang paling penting dalam prosesnya!

Setelah melakukan semua hal di atas, Anda juga perlu memperhatikan hal-hal yang tidak boleh dilakukan.

 

Hal yang TIDAK boleh dilakukan:

 

BACA HALAMAN SELANJUTNYA -->

Sumber : jawaban.com
Halaman :
12Tampilkan Semua

Ikuti Kami