7 Manfaat Tak Terduga Cinta Bagi Kesehatan, Salah Satunya Bikin Bahagia Lho!
Sumber: Goodtherapy

Health / 7 February 2022

Kalangan Sendiri

7 Manfaat Tak Terduga Cinta Bagi Kesehatan, Salah Satunya Bikin Bahagia Lho!

Lori Official Writer
2835

Menurut penelitian dari Program Empati dan Ilmu Rasional di Rumah Sakit Umum Massachusetts, cinta rupanya bisa meningkatkan kesehatan baik secara mental maupun fisik.

Ya, kebenarannya adalah cinta dan kesehatan fisik dan mental merupakan dua hal yang saling berkaitan. Manusia terhubung untuk membangun koneksi dan saat kita memupuk hubungan yang baik maka kita akan mendapatkan manfaat yang sangat besar. Hal ini bukan saja hanya bicara tentang hubungan romansa, tetapi juga hubungan yang terbangun antara suami dengan istri, orangtua atau teman-teman terdekat.

Ada 7 manfaat cinta bagi kesehatan yang perlu Anda ketahui.

1. Cinta Meningkatkan Hormon Kebahagiaan 

Hormon kebahagiaan disebut juga dengan dopamin. Ini merupakan zat kimia di dalam otak yang menghasilkan perasaan senang seseorang. 

Jadi tidak heran ketika seseorang jatuh cinta atau merasa dicintai, dia akan menghasilkan hormon kebahagiaan jauh lebih besar dari biasanya di hasilkan seseorang.

 

2. Cinta Menurunkan Rasa Stress

Manfaat ampuh lain dari cinta adalah menurunkan stress.

Saat hormon oksitosin dan dopamine meningkat di dalam tubuh, otomatis suasana hati akan jauh lebih baik. Penelitian dari 2010 menunjukkan bahwa para lajang memiliki tingkat kortisol atau hormone stress yang lebih tinggi dibandingkan dengan orang yang sedang menjalin hubungan atau dikelilingi oleh orang-orang yang mencintainya.

Bahkan ketika seseorang mendapatkan tempat yang aman untuk berbagi perasaan dan memberikan dukungan, maka dia akan merasa lebih mudah mengelola beragam peristiwa di dalam kehidupannya.

 

Baca Juga:

Ingin Hidup Sehat? Jatuh Cintalah!

Manfaat Jatuh Cinta Bagi Kesehatan

 

3. Cinta Mencegah Beragam Penyakit

Saat seseorang merasa dicintai, dia bukan saja hanya merasa bahagia. Tetapi juga merasa jauh lebih sehat secara fisik.

Cinta bermanfaat mencegah beragam penyakit seperti:

- Menurunkan risiko penyakit jantung

- Menurunkan tekanan darah

- Meningkatkan kekebalan tubuh

- Membuat tubuh lebih cepat sembuh setelah sakit

Menarik bukan?

 

4. Cinta Bermanfaat Untuk Meredakan Sakit 

Anda mungkin punya pengalaman tentang keberadaan orang yang Anda cintai di samping Anda saat sedang sakit dapat meningkatkan proses pemulihan.

 

Baca Juga: Mental Health Day: Ini Manfaat Self Love Untuk Pulihkan Gangguan Mental

 

BACA HALAMAN BERIKUTNYA --->

Menurut studi yang dilakukan pada tahun 2010, setelah mmengamati 15 orang dewasa yang menjalin hubungan romantik selama 9 bulan. Ketika salah satu pasangan mengalami sakit, maka keberadaan pasangan lainnya membuat mereka sembuh lebih cepat.

Mereka mengaku jika kata-kata positif dari orang yang mereka cintai membuat rasa sakit berkurang. Yang lainnya mengaku hanya memandangi foto pasangan dan menatap kenangan manis mereka membantu untuk mengaktifkan sistem penghargaan di dalam otak yang berguna untuk menurunkan rasa sakit.

 

5. Cinta Bermanfaat Untuk Menurunkan Risiko Flu

Jika cinta bisa mengurangi stress pada diri seseorang, maka fakta lain yang juga sangat mengejutkan dari cinta adalah mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh seseorang.

Para peneliti di Carnegie Mellon University menemukan bahwa seseorang yang menunjukkan emosi positif lebih kecil kemungkinannya untuk sakit setelah terpapar virus pilek atau flu.

 

Baca Juga: 5 Ayat Alkitab yang Bicara Soal Pentingnya Menjaga Kesehatan

 

6. Cinta Bermanfaat Untuk Mengurangi Kecemasan

Sebuah studi mengungkapkan manfaat jangka panjang dari cinta. Dimana salah satunya adalah mengurangi kecemasan berlebihan.

Para peneliti di Universitas Negeri New York di Stony Brook menggunakan pemindai MRI Fungsional (FMRI) untuk melihat otak orang-orang yang sedang jatuh cinta. 

Mereka menemukan bahwa orang-orang yang menjalin hubungan jangka panjang mengalami risiko kecemasan yang jauh lebih kecil dibandingkan mereka yang berhubungan hanya dalam jangka pendek dan tanpa komitme.

 

7. Memberi Umur Panjang

Menjalani hidup yang dipenuhi dengan cinta sangat membantu seseorang hidup lebih lama.

Penelitian di tahun 2011 lalu menemukan bahwa mereka yang tidak memiliki seseorang yang mencintai mereka, seperti pasangan, keluarga atau teman, memiliki risiko kematian dini yang jauh lebih tinggi sebesar 24% dibandingkan dengan mereka yang dikelilingi oleh orang-orang yang mencintai mereka.

Sebuah studi tahun 2012 yang dilakukan kepada 225 orang dewasa yang menjalani perawatan jantung menemukan bahwa cinta bisa membuat seseorang panjang umur. Mereka yang menikah saat menjalani operasi 2.5 kali lebih mungkin hidup selama 15 tahun kemudian.

Dari daftar manfaat cinta di atas, kita bisa menyimpulkan bahwa cinta yang berkomitmen dalam jangka panjang menghasilkan manfaat yang sangat besar bagi seseorang. Karena itulah banyak orang yang mencari cinta hanya untuk mengalami kebahagiaan, meski kadang beberapa orang melakukannya dengan cara yang salah.

Tapi yang perlu diingat adalah manfaat ini tidak hanya bisa didapatkan dari cinta yang bersifat romansa lho! Bahkan ketika Anda sendiri merasa dicintai dan utuh menjadi pribadi, Anda juga akan mengalami efek.

Sumber : Jawaban.com
Halaman :
Tampilkan per Halaman

Ikuti Kami