4 Jenis dan Nama Malaikat Dalam Alkitab yang Bisa Anak Pelajari

Parenting / 4 February 2022

Kalangan Sendiri

4 Jenis dan Nama Malaikat Dalam Alkitab yang Bisa Anak Pelajari

Contasia Christie Official Writer
1883

Alkitab dengan jelas mengatakan kepada kita bahwa malaikat itu benar ada. Di seluruh isi Alkitab, kita bisa melihat mereka melayani Tuhan dan juga masih berhubungan dengan manusia. Meskipun banyak ayat menyebutkan kata malaikat, tapi kita masih sulit untuk benar-benar mengetahui nama mereka. Namun hanya empat malaikat yang disebutkan dan perlu kita ketahui sebagai orang Kristen.

Apa itu malaikat?

Malaikat adalah utusan surgawi. Tujuan utama mereka adalah melayani Tuhan dan melaksanakan kehendak-Nya. Malaikat melayani atas kehendak Tuhan dan dikirim atas perintah-Nya. Bahkan jika seorang malaikat melayani atau membantu kita sebagai manusia, mereka tidak melakukan itu atas kehendak kita, mereka melakukannya atas kehendak Tuhan.

 

Empat Jenis Malaikat

Kerubim

Malaikat Kerub adalah malaikat yang paling sering disebutkan dalam Alkitab, bahkan sudah disebutkan di kitab yang paling awal, yaitu Kejadian.

“Ia menghalau manusia itu dan di sebelah timur taman Eden ditempatkan-Nyalah beberapa kerub dengan pedang yang bernyala-nyala dan menyambar-nyambar, untuk menjaga jalan ke pohon kehidupan.” (Kejadian 3:24)

“Itulah makhluk-makhluk hidup yang dahulu kulihat di bawah Allah Israel di tepi sungai Kebar. Dan aku mengerti, bahwa mereka adalah kerub-kerub. Masing-masing mempunyai empat muka dan bagi masing-masing ada empat sayap dan di bawah sayap mereka ada yang berbentuk tangan manusia.” (Yehezkiel 10:20-21)

 

Serafim

Malaikat ini jarang disebutkan, tapi muncul di kitab Yesaya (Yesaya 6:2). Wahyu 4:8 juga menyebutkan ciri-ciri malaikat yang sama dengan di kitab Yesaya, memungkinkan ini mendeskripsikan Serafim. Sementara kita punya deskripsi fisik jenis malaikat Serafim dan Kerubim, tapi tidak ada nama malaikat ini di Alkitab.

 

Archangel

Di dalam Alkitab berbahasa Inggris, King James Version pada 1 Tesalonika 4:16 disebutkan, “For the Lord himself shall descend from heaven with a shout, with the voice of the archangel, and with the trump of God: and the dead in Christ shall rise first.” Ayat ini menjelaskan tentang jenis malaikat Archangel yang peringkat lebih tinggi. Ini menyiratkan hierarki dalam malaikat.

 

Malaikat jatuh

 

Ini adalah malaikat yang jatuh bersama Lucifer saat mereka berusaha menggulingkan tahta Tuhan. Malaikat tersebut kini disebut sebagai setan (demons), Lukas 10:18 dan Matius 25:41.

BACA SELANJUTNYA...

Sumber : crosswalk
Halaman :
12Tampilkan Semua

Ikuti Kami