World Cancer Day 2022: Mengapa Mengangkat Tema 'Close the Care Gap'?

News / 4 February 2022

Kalangan Sendiri

World Cancer Day 2022: Mengapa Mengangkat Tema 'Close the Care Gap'?

Aprita L Ekanaru Official Writer
422

Peringatan Hari Kanker Sedunia pertama kali diperingati pada tahun 2000 lalu dipimpin oleh  Union for International Cancer Control (UICC), kemudian menjadi agenda rutin yang dilakukan setiap tahun pada tanggal 4 Februari guna meningkatkan kesadaran tentang penyakit ini dan gejalanya.

Selain meningkatkan kesadaran masyarakat, hari ini juga tentang bekerja sama untuk mencegah kematian akibat kanker dan menyediakan semua kemungkinan pengobatan untuk pasien.

Setiap tahun, kanker membunuh hampir 10 juta orang. Hampir 70 persen dari kematian tersebut berusia di atas 65 tahun ke atas.

 

BACA JUGA: 7 Gejala Awal Kanker Ini Perlu Anda Waspadai Karena Mirip Dengan Penyakit Lainnya..

 

Peringatan Hari Kanker Sedunia 2022 kali ini mengusung tema "Close the Care Gap" yang artinya menutup kesenjangan perawatan yang masih terjadi. Tema ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran tentang perbedaan besar dalam perawatan dan pencegahan kanker yang dapat dimanfaatkan oleh orang-orang dari berbagai lapisan masyarakat, juga mencoba untuk menginspirasi tindakan cepat dan pengobatan serta perawatan yang menyelamatkan jiwa bagi semua individu yang menderita penyakit tersebut. 

Orang dengan pendapatan rendah, kurangnya kualifikasi pendidikan, dan disabilitas harus menghadapi berbagai hambatan untuk mendapatkan perawatan untuk kanker.

Menurut statistik terbaru oleh UICC, tingkat kelangsungan hidup lima tahun untuk kanker serviks adalah 71 persen untuk wanita kulit putih dan 58 persen untuk wanita kulit hitam di Amerika Serikat. Sesuai laporan, lebih dari 90 persen kematian akibat kanker serviks terjadi di negara-negara berpenghasilan menengah dan rendah.

 

BACA JUGA: Jujube, Buah yang Digadang Mampu Atasi Insomnia Hingga Kanker di Drakor Our Beloved Summer

Sumber : Beberapa Sumber
Halaman :
1

Ikuti Kami